Artikel

5 Manfaat E-money, Solusi Indonesia Menuju Era Cashless Society
Source Image: Data Pribadi dan Google

Perkembangan teknologi yang makin pesat mendorong masyarakat khususnya kalangan muda mulai beralih dari uang tunai menjadi uang elektronik atau yang biasa disebut dengan e-money, terlebih saat ini sudah mulai memasuki semua serba digital. Tidak hanya satu atau dua transaksi yang menggunakan e-money, tapi hampir seluruh akses transportasi lebih dimudahkan dengan hadirnya e-money berbentuk kartu ini.

Seperti yang dikutip pada laman Kementerian Keuangan Republik Indonesia, alat pembayaran yang sangat memudahkan di zaman sekarang dan sangat direkomendasikan adalah e-money. Pengguna kartu e-money harus menyetorkan terlebih dahulu uang kepada penerbit kartu e-money atau penyedia layanan, kemudian nilai uang akan tersebut disimpan secara elektronik dalam satu media seperti server atau chip. Salah satu tujuan pembuatan kartu e-money adalah untuk mengurangi tingkat pertumbuhan penggunaan uang tunai. Khususnya untuk pembayaran yang bersifat mikro dan ritel.

Ada 5 manfaat e-money yang dapat dijadikan solusi Indonesia menuju era cashless society yaitu kalangan yang tidak lagi menggunakan uang tunai dalam melakukan suatu transaksi. Keuntungan tidak menggunakan untuk uang tunai bagi negara adalah meningkatkan investasi perusahaan dan meningkatkan output riil nasional. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan kartu e-money akan membantu pertumbuhan ekonomi.

5 manfaat yang ditawarkan untuk penggunaan e-money tersebut yaitu:

1. Banyak Promo Menarik

Kelebihan yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia yaitu promo, dengan menggunakan kartu e-money tentunya Anda akan mendapatkan banyak sekali penawaran promo seperti diskon atau cashback dari penerbit.

 

2. Menghemat Waktu Pembayaran

Tidak perlu menunggu untuk kasir untuk memberikan uang kembalian. Baik di minimarket, maupun di toll, penggunaan kartu e-money sangat membantu karena mengurangi jumlah antrian yang terjadi jika melakukan transaksi menggunakan uang tunai.

 

3. Mengurangi Membawa Uang Tunai

Jika Anda membawa kartu e-money ini untuk kebutuhan transaksi sehari-hari, istilah dompet tebal akan sirna karena dapat meminimalisir membawa uang tunai terlalu banyak. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot memisahkan uang tunai saat berbelanja, yang membuat dompet Anda tebal. Cukup membawa kartu e-money untuk transaksi pembayaran belanja Anda.

 

4. Pembayaran Lebih Akurat dan Efisien

Rasa khawatir tidak akan muncul lagi jika transaksi Anda menggunakan kartu e-money karena sudah dioperasikan berdasarkan sistem dan koneksi internet.

 

5. Pembayaran untuk Transportasi Umum dan Toll

Hadirnya e-money di era digital seperti saat ini sangat membantu masyarakat karena memudahkan untuk pembayaran transportasi umum. Tidak perlu antre lama-lama di loket tiket untuk mendapatkan tiket. Hanya tinggal meng­e-tap kartu e-money pada mesin reader di pintu masuk dan keluar. Selain itu, penggunaan kartu e-money di toll juga sudah bisa dilakukan, adanya fitur e-toll dapat mengurangi tingkat kepadatan saat mengantre di gerbang pintu toll.

 

Selalu ada kekurangan dibalik kelebihan, begitu pun dengan penggunaan kartu e-money. Risiko menyimpan uang di e-money adalah jika kartu e-money Anda hilang, maka uang Anda pun akan hilang. Bahkan bias juga digunakan oleh pihak lain. Hal ini terjadi, karena tidak adanya identitas Anda pada kartu e-money. Namun, saat ini sudah banyak sekali jasa pembuatan kartu e-money custom untuk mengurangi resiko ini. Salah satu percetakan yang terpercaya sebagai jasa pembuatan kartu e-money custom yang berkualitas bisa Anda dapatkan informasinya klik di sini.