Artikel

Inilah Hal-hal yang Perlu dan Wajib Kamu Tahu Sebelum Pesan Nota di Percetakan!
Source Image: Google

Sebagai bukti dari sebuah transaksi jual-beli, kehadiran nota memang sangat dibutuhkan terutama di dunia bisnis. Bisa dikatakan juga kalau nota adalah sebuah bentuk transparansi konkrit antara pihak penjual dan pembeli ataupun antara pihak penjual, pegawai dan pembeli. Hal ini tentu akan memudahkan setiap pihak untuk melakukan penyelidikan dan penyelesaian bersama saat dirasa terjadi kesalahan atau sesuatu yang kurang tepat dalam proses jual-beli yang terjadi.

 

Nota sendiri memiliki bentuk yang cukup beragam dan biasanya dapat dibuat sesuai kebutuhan. Nota siap pakai bisa kamu temukan banyak di pasaran dengan harga yang beragam. Namun biasanya, banyak juga pelaku usaha yang lebih memilih memesan nota dipercetakan untuk meminimalisir pengeluaran dana ataupun karena ada kebutuhan lainnya. Punya niat untuk pesan nota di percetakan? Kamu perlu tahu hal-hal penting ini sebelum melakukan pemesanan!

 

1. Ukuran Nota

Saat melakukan pemesanan, pastikan kamu sudah tahu dengan jelas berapa ukuran nota yang kamu inginkan, mulai dari ukuran kertas, posisi kertas dan ukuran setiap kolomnya. Meski beragam dan sesuai kebutuhan, ada beberapa ukuran nota yang dapat kamu jadikan patokan berikut ini,

  • 21,6 x 33 cm atau ukuran folio full yang biasa digunakan untuk nota yang punya isi padat seperti nota dinas
  • Nota folio berdimensi 16,5 x 21,6 cm
  • Nota folio berdimensi 11 x 21,6 cm
  • Nota folio berdimensi 8,25 x 21,6 cm
  • Nota folio berdimensi 16,5 x 10,8 cm
  • Nota folio berdimensi 11 x 10,8 cm
  • Nota folio berdimensi 8,25 x 10,8 cm

 

2. Kertas yang dipakai

Biasanya untuk membuat sebuah nota, kertas yang dipakai adalah kertas HVS atau Folio. Kamu bisa pilih jenis dan berat kertasnya sesuai dengan kebutuhanmu dengan memesan nota custom. Hal yang perlu diingat adalah, semakin besar berat kertas yang kamu pilih maka semakin tebal pula kertas tersebut.

 

3. Harga

Harga tentu jadi faktor sangat penting dalam proses pemesanan nota yang akan kamu lakukan di percetakan. Agar tidak mengalami rugi, kamu bisa mencari tahu setiap harga yang ditawarkan untuk setiap jenis nota dan pilihlah yang sesuai kebutuhan, keinginan dan juga budget yang dimiliki.

 

4. Request Khusus

Mau buat nota dengan permintaan khusus atau istilah lainnya adalah nota custom? Ada dua cara yang bisa kamu lakukan. Pertama, kamu cukup membawa desain jadi dari nota rancanganmu. Kedua, kamu bisa minta percetakan membuatkan desain jenis nota custom sesuai keinginanmu. Jika kamu memilih cara kedua, tentu kamu harus membayar sejumlah dana tambahan untuk jasa pembuatan desain jenis nota eksklusif yang diinginkan.

 

5. Perbedaannya dengan Kwitansi

Hati-hati saat melakukan pemesanan nota di tempat percetakan! Pastikan kamu tidak salah memberikan informasi. Sebab, itu akan berdampak juga pada hasil pesananmu nanti. Salah satunya adalah kesalahan menganggap bahwa nota dan kwitansi adalah produk yang sama. Selengkapnya untuk informasi seputar perbedaan kedua produk ini, silahkan klik link ini.

 

Meski banyak yang perlu diperhatikan saat ingin membuat nota sendiri di percetakan, kamu tidak perlu cemas bahwa prosesnya akan panjang dan rumit. Sebab, percetakan yang berkualitas pasti menyediakan pegawai berkualitas yang memberikan bantuan dan pelayanan terbaik pada setiap pelangganya. Kamu bisa cek link ini untuk melihat salah satu contoh percetakan yang telah terjamin pelayanannya tersebut.