Artikel

Jenis Bahan yang Dapat Dijadikan Pouch untuk Souvenir
Source Image: Data Pribadi

Seakan menjadi barang yang wajib ada di setiap acara seperti pernikahan, khitan, seminar, pelatihan ataupun acara besar lainnya. Souvenir dijadikan benda bukti untuk kenang-kenangan sekaligus sebagai bentuk terima kasih dari pihak penyelenggara acara suatu kegiatan kepada para undangan atau peserta acara. Pouch adalah salah satu jenis souvenir yang kini cukup digemari.

Hampir di setiap penyelenggaraan acara, pouch dijadikan sebagai souvenir tanda terima kasih dan kenang-kenangan. Selain digunakan dengan kegunaan fungsionalnya, desain pouch juga bisa dipersonalisasikan untuk menyesesuaikan citra visual yang dibutuhkan dalam suatu kegiatan atau acara. Misalnya, pouch dijadikan sebagai bonus dari pembelian suatu produk brand tertentu, desain pouch dapat di-customized dengan menonjolkan warna-warna atau simbol yang mewakili brand tersebut.

Ternyata, ada banyak jenis bahan yang dapat digunakan untuk membuat pouch dari yang gratisan hingga yang berkualitas dengan harga yang lumayan loh! Yuk, disimak informasinya:

1. Perca

Siapa yang tidak mengetahui kain perca? Kain yang berasal dari limbah atau sisa-sisa bahan ini, bisa dimanfaatkan untuk membuat pouch dan sangat cocok untuk kalian yang minim budget dalam membuat sebuah acara. Bahkan, berbagai motif campuran dari kain perca dapat terlihat seperti motif batik jika disatukan.

 

2. Kanvas

Bahan kanvas memiliki karakteristik halus, tebal dan tidak kaku. Selain itu, bahan kanvas biasanya berwarna keabu-abuan atau putih gading akibat dari proses pemutihan bahan utamanya yaitu bahan mori.

 

3. Blacu

Bahan blacu memiliki kesamaan dengan bahan kanvas karena sama-sama terbuat dari mori, perbedaannya blacu ini belum memasuki tahap pemutihan. Kain blacu ini salah satu jenis kain dengan harga yang relatif murah. Jadi, jika Anda ingin membuat pouch untuk souvenir dengan budget yang minim, kain blacu ini adalah pilihan yang tepat. Meski lebih tipis daripada kanvas, kain blacu ini juga sudah bisa dibubuhi desain dengan teknik sablon maupun textile printing.

 

4. Spunbond

Bahan spunbond adalah bahan dengan harga yang paling murah dibanding bahan lainnya. Namun, bahan ini tidak sekuat bahan lain karena lebih rapuh. Olahan serat panjang dengan kombinasi bahan kimia dan cat pelarut yang dipanaskan adalah bahan baku dari bahan spunbond. Biasanya, pouch berbahan spunbond ini digunakan sebagai souvenir pernikahan sekaligus dapat dijadikan undangan pernikahan.

 

5. Drill

Dari jenis bahan yang lain, bahan drill adalah bahan yang paling bagus dan terbilang mahal. Bahan drill berasal dari serat dan garis-garis miring yang terbuat dari campuran katun dengan polyester. Namun, untuk kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Bahan ini sangat cocok untuk digunakan dalam proses sablon ataupun textile printing, karena bahan ini tidak mudah kusut, kuat dan jika dilakukan pewarnaan tidak mudah pudar.

 

Dari sekian banyaknya jenis bahan yang dapat digunakan untuk membuat sebuah pouch, drill adalah pilihan bahan terbaik untuk dijadikan pouch. Selain kualitas bahannya yang elegan, bahan drill juga sangat cocok untuk digunakan dalam proses sablon ataupun textile printing. Hasil dari pewarnaan atau sablon yang dilakukan, tidak mudah pudar.

Jika Anda bingung mencari referensi pouch untuk dijadikan souvenir dengan kualitas yang terjamin, di sini. Anda bisa memperoleh beragam pilihan pouch berkualitas, dengan model desain dan kegunaannya yang bisa di-customized sesuai kebutuhan Anda.