Artikel

Kelebihan dan Kekurangan Beriklan di Papan Reklame yang Harus Kamu Tahu!
Source Image: Google

Iklan promosi menggunakan media cetak papan reklame atau billboard memang bukan sesuatu yang baru lagi. Sebelum adanya media-media promosi digital, papan reklame sudah lebih dulu hadir sebagai media iklan dan promosi yang sangat efektif hingga saat ini. Hal itu terjadi karena papan reklame memang memberikan manfaat yang cukup signifikan, contohnya papan reklame dapat menjangkau target pasar yang lebih luas dan beragam. Tapi, tentu saja hal tersebut bergantung pada lokasi di mana papan reklame tersebut diletakkan, apakah lokasinya strategis atau tidak.

Meski efektif, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui dan perhatikan jika kamu berencana untuk menggunakan papan reklame sebagai media iklan dan promosi untuk beragam jenis kepentinganmu. Ya, walaupun efektif,  iklan dan promosi menggunakan media cetak papan reklame tetap memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat memunculkan sebuah resiko. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan papan reklame sebagai media iklan dan promosi yang bisa kamu pelajari dan telaah lagi dari poin-poin berikut ini.

 

Kelebihan:

1. Harga yang Murah

Membuat sebuah papan reklame untuk media promosi iklan memang punya harga yang beragam. Namun jika diperhitungkan secara lebih rinci, papan reklame memiliki harga yang lebih murah dibandingkan media promosi iklan cetak lainnya.

2. Tahan Lama

Papan reklame juga biasanya terbuat dari bahan yang kuat dan lebih bertahan lama di segala kondisi suhu maupun cuaca. Tentu papan reklame ini sangat cocok untuk dipilih kalau kamu berniat mencari media promosi iklan cetak, yang dapat bertahan untuk jangka waktu lama dan jangkauan yang luas.

3. Mudah Dipasang dan Diganti

Meski berukuran besar dan punya sistem pemasangan yang khusus, papan reklame lebih mudah untuk dipasang dibandingkan dengan media promosi iklan cetak berukuran besar lainnya.

 

Kekurangan:

1. Pengurusan Pajak Reklame

Kekurangan papan reklame yang pertama adalah sistem perizinan dan pengurusan pajak dengan regulasi yang cukup rumit. Namun, kamu bisa mengakalinya dengan menyewa jasa atau meminta bantuan seseorang yang sangat mengerti tentang regulasi tersebut.

2. Rentan Mengalami Vandalisme

Di letakan di wilayah yang strategis dan sering dilalui oleh banyak orang, membuat media papan reklame menjadi rentan dan seringkali jadi sasaran empuk para pelaku vandalisme yang sering merusak karya dan properti umum. Mulai dari mencoret-coret hingga dirusak.

 

Setiap produk memang memiliki kelebihannya masing-masing. Anda harus lebih teliti, jeli, dan memperhitungkan dengan baik hal-hal yang berkaitan dengan produk yang akan Anda beli. Termasuk saat hendak memilih vendor pembuatan papan reklame terpercaya. Setiap vendor pasti memiliki iming-iming penawaran yang beragam. Jadi, pastikan bahwa memang vendor tersebut terpercaya seperti vendor yang satu ini, ya!