Image

4 Strategi Promosi Agar Brand Anda Semakin Terkenal

Di era modern ini, mengenalkan usaha pada konsumen bisa dibilang susah-susah gampang. Susah karena pesaing semakin banyak, namun juga mudah sebab teknologi membawa peluang besar dalam bidang promosi. Membahas mengenai pengenalan usaha, pada dasarnya proses tersebut akan sangat mudah jika Anda mengetahui jenis promosi, teknik promosi, dan juga strategi promosi yang tepat. Adapun berikut tips promosi usaha yang bisa dicoba:

1. Memasang Iklan Manual dengan Konsep Menarik
Tips promosi usaha pertama, yaitu memasang iklan dengan konsep menarik. Iklan di sini merupakan jenis promosi mudah yang bisa dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, menggunakan jasa endorsement. Dan kedua, menggunakan iklan manual seperti bannerroll banner, atau pamflet.

Dalam pengenalan, keduanya bisa dibilang efektif. Sayangnya, tentu untuk usaha pemula, iklan manual jauh lebih disarankan dibandingkan dengan cara endorsement. Hal itu karena, dengan konsep menarik serta bidikan yang tepat, selain murah, iklan manual pun tidak kalah efektif dengan jasa endorsement yang umumnya lebih membutuhkan banyak budget.

Dalam hal persiapan, iklan menual pun sangat praktis. Untuk banner, atau pamflet Anda bisa membuatnya sendiri, atau untuk konsep lebih menarik Anda bisa memesannya melalui jasa pembuatan banner.

2. Menerapkan Strategi Diskon
Pada masa pengenalan usaha, promosi dengan menerapkan strategi diskon akan sangat ampuh jika diterapkan. Bagaimana tidak, bagi konsumen diskon merupakan sesuatu yang menarik. Dengan dasar itulah, strategi ini dibuat untuk memancing banyak konsumen datang menuju tempat usaha Anda.

Namun tidak boleh sembarangan. Untuk menerapkannya, ada dua hal yang harus diperhatikan. Pertama, berikan diskon dengan sasaran yang tepat. Dan kedua, lakukan perhitungan diskon yang Anda berikan dengan cara yang tepat pula.

Adapun untuk sasaran sendiri, sebelumnya Anda bisa melakukan survei ke tempat usaha, kemudian melihat konsumen yang akan dibidik. Sedangkan untuk perhitungan diskon, sebisa mungkin pilih dan terapkan strategi diskon yang meskipun sedikit masih berlaba sehingga tidak membuat rugi.

3. Promosi Word of Mouth
Seperti namanya, tips promosi usaha word of mouth yaitu strategi promosi yang dilakukan dengan cara mengenalkan usaha dari mulut ke mulut. Dalam hal ini, umumnya konsep secara otomatis akan berjalan, jika Anda memberikan informasi dan pelayanan yang baik pada konsumen.

Atau untuk cara lebih efektif, Anda bisa meminta bantuan kepada konsumen secara langsung. Adapun untuk penerapan, promosi word of mouth ini bisa Anda sandingkan bersama strategi promosi diskon. Misalnya, untuk pelanggan yang berhasil mendapatkan konsumen baru untuk datang, Anda bisa memberikannya diskon atau reward lainnya.

4. Memanfaatkan Marketing Online
Selain menerapkan sistem promosi manual, Anda juga bisa memanfaatkan marketing online untuk mengenalkan usaha Anda. Tidak bisa dipungkiri, dewasa ini teknologi memang telah membuka banyak peluang usaha. Munculnya beragam media sosial dengan pengguna yang banyak, membuat cara promosi online efektif.

Dalam segi relasi pun, marketing online memberikan banyak cabang pilihan mulai dari mempromosikan usaha melalui Facebook, Instagram, Twitter, website, atau media-media sosial lainnya. Tidak hanya itu, marketing online juga memungkinkan Anda untuk menjangkau sasaran pasar yang lebih luas. Misalnya, Anda bisa mengenalkan usaha melalui komunitas, atau grup-grup dengan konten sama yang tersedia.

Itulah beberapa tips promosi usaha efektif yang bisa Anda terapkan. Bagaimana bukankah sangat mudah? Nah, agar lebih maksimal, selain tips di atas, Anda juga bisa menerapkan tips lain seperti memberikan pelayanan terbaik, memberikan harga sesuai pasaran, menyediakan produk lengkap, serta tips promosi lain yang mampu membuat pelanggan datang kembali ke tempat usaha Anda. Semoga bermanfaat.

Categories: Tips & Trick

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234