Image
Source image: Google

Apakah Kartu Nama Masih Dibutuhkan Sekarang? Simak Tips-Tips Berikut Ini

Kartu nama sudah ada sejak zaman dulu tepatnya sekitar abad ke-15 dikenal dengan sebutan kartu panggilan, dan juga di abad ke-17 dikenal dengan nama kartu perdagangan karena hubungan dengan bisnis.

Fungsi lain kartu lama juga dimanfaatkan sebagai media marketing karena Anda memberikan informasi terkait bisnis, bahkan banyak orang akan menilai kualitas bisnis Anda hanya dengan melihat kartu nama design.

Perkembangan jaman era digital dan e-commerce membuat banyak orang seperti nya tidak lagi membutuhkan kartu nama perusahaan, karena bisa digantikan dengan berbagai akun media social dan website. Namun ternyata kartu nama masih sangat dibutuhkan dan ada beberapa tips-tips penting diantaranya:

1. Terlihat Lebih Profesional

Meskipun Anda memiliki banyak akun media sosial dengan ribuan pengikut ternyata memberikan kartu nama jauh berbeda kesan, Anda akan terlihat lebih profesional dari pertama kali seseorang bertemu dan berkenalan.

Kesan ini bisa didapatkan karena jika Anda hanya memberikan informasi akun media sosial yang berisi postingan pribadi, kerap kali isinya tidak sesuai dengan tujuan bisnis karena sifatnya ke hal-hal pribadi.

Bahkan memberikan kartu nama perusahaan dianggap lebih sopan dan pantas, tidak perlu berlebihan mengenalkan diri Anda kepada potensi rekan bisnis baru agar tidak timbul penilaian negatif.

2. Bersifat Personal Dan Lebih Berkesan

Tidak hanya memberikan kesan sopan saja namun dengan membuat kartu nama design akan jauh lebih berkesan, apalagi jika desain yang dibuat dengan bahan berkualitas, modern dan bagus.

Jangan harap Anda akan mendapatkan fungsi yang sama seperti sebelum adanya era digital namun kesan personal jauh lebih baik. Dengan kartu nama Anda akan lebih mudah diingat daripada bertukar kontak secara digital.

Bahkan orang lain akan lebih penasaran untuk mencari informasi tentang Anda daripada diberikan langsung informasi detail. Dari kontak tersebut mereka akan menemukan alamat website perusahaan dan berbagai akun media sosial lainnya.

3. Cara Ringkas Memberikan Informasi

Alasan paling dasar lainnya yaitu kartu nama sebagai cara praktis dan ringkas dalam memberikan informasi kepada klien karena semua kontak penting ada pada kartu tersebut.

Anda juga tidak harus mengeluarkan smartphone yang akan memberikan kesan negatif kepada orang baru, juga tidak harus repot mencatat nomor teleponmu dikertas yang sangat rawan hilang.

Tujuan penggunaan kartu pengenal pada awalnya untuk menunjukkan kalau Anda sangat tertarik ketika berkenalan dengan orang baru. Dengan bertukar kartu nama diharapkan adanya hubungan yang berlanjut baik secara personal maupun bisnis.

Baca juga: Cara Mencetak Kartu Nama Sesuai Kebutuhan

Categories: Tips & Trick

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234