Image
Source image: Google

Berbagai Jenis Poster Berdasarkan Fungsi Dan Tujuan

Poster adalah salah satu alat yang digunakan untuk mempromosikan produk maupun jasa dengan tujuan menarik pelanggan, namun ada juga yang tujuannya bersifat komersial yakni dengan menarik orang-orang supaya dapat membeli.

Poster biasa nya ditempelkan pada berbagai lokasi strategis supaya mudah ditemukan, di area-area yang sering dilewati seperti halte bus, stasiun kereta api, mading sekolah, dsb. Untuk memastikan informasi tersampaikan, hal utama guna menarik publik adalah dengan menerapkan desain semenarik mungkin untuk para pembaca.

3 Jenis Poster Berdasarkan Tujuan

Jenis informasi pada media cetak tersebut memberikan beberapa tujuan berdasarkan konten di dalam, berikut ini merupakan berbagai jenis pembagian berdasarkan informasi di dalam poster adalah sebagai berikut:

1.         Informatif

Informasi yang diumumkan biasanya datang dari pusat layanan masyarakat dengan nada mengajak dan mengimbau, isinya dilengkapi dengan nada ajakan “yuk dan mari”, jenis bahasa disesuaikan dengan target publik atau siapa penerbitnya.

Beberapa informasi akan ditulis secara baku, namun tidak sedikit juga pihak penerbit informasi memilih kata-kata santai dengan alasan supaya anak muda juga tertarik membaca. Namun kembali lagi yang paling utama dari penampilan awal adalah desain keseluruhan.

2.         Edukatif

Informasi edukasi merupakan informasi yang akan sering ditemukan pada majalah dinding sekolah maupun kampus. Biasanya banyak memuat info mengenai beasiswa pendidikan, seputar tips mendapatkan dan kisah inspirasional dari orang-orang sukses.

Isi info dari pengumuman ini bersifat persuasif secara halus, mengajak pembaca untuk lebih giat belajar dan berusaha mendapatkan nilai bagus agar bisa dapat beasiswa. Target beasiswa bisa beragam, ada penawaran di dalam negeri dan luar negeri.

3.         Komersial

Poster komersial sudah pasti berisi produk atau jasa yang dijual, contohnya iklan skincare offline tanpa memanfaatkan media elektronik maupun media sosial. Sebelum media elektronik menjadi media iklan, banyak orang menggunakan kertas untuk beriklan.

Promosi tersebut disebarkan melalui berbagai tempat yang dianggap mampu menarik konsumen lebih banyak, terutama jika pemilihan lokasi dipertimbangkan secara matang dengan memperhatikan berbagai segi usia, kelas, jenis kelamin dan kecenderungan selera umum.

Jika dijabarkan jenis-jenis poster berdasarkan isi maka dapat dikatakan ada jenis niaga, kegiatan dan info layanan masyarakat. Untuk kegiatan, biasanya poster memuat nama tempat dan kapan waktu pelaksanaan serta apa saja informasi terkait suatu acara.

Paling penting dari semuanya adalah desain menarik yang bisa Anda dapatkan dari kami, dikerjakan oleh ahli profesional, hasil cetakan juga berkualitas bagus. Desain menarik dan kualitas bahan bagus, poster apa saja dapat dicetak di SINI.

Baca juga: Ciri-ciri, Fungsi dan Cara Membuat Poster

Categories: Produk

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234