Image
Source image: Google

Berbagai Jenis Stempel Beserta Kegunaannya

Ada berbagai jenis stempel yang digunakan dalam berbagai kebutuhan, mulai dari non formal hingga formal seperti dalam kebutuhan perusahaan, lembaga, atau institusi sebagai keperluan surat menyurat resmi. Adanya stempel tersebut menandakan identitas atau pengesahan dari suatu pihak.

Saat ini banyak sekali jenis stempel yang dapat anda buat, umumnya pihak percetakan akan memberi tau berbagai jenis pada saat proses pemesanan.

Mengetahui jenis dan kegunaannya sangat penting untuk dipahami sebelum memesan stempel, namun terdapat 3 buah jenis yang umum digunakan serta paling banyak dicari.

  • Stempel biasa yang digunakan untuk dokumen

Jenis pertama adalah stempel biasa di mana memiliki nama lain Runaflek. Cap ini terbuat dari kayu yang di bagian bawahnya terdapat ukiran tulisan atau logo terbuat dari bahan karet. Nama runaflek tersebut diambil dari bahan utamanya yaitu karena bahan karet tersebut merupakan tipe karet runaflek.

Cara pembuatannya dapat dengan diukir manual atau dengan mesin pencetak karena perkembangan yang relatif cepat pada teknologi ini. Dengan menggunakan mesin tentu pengerjaannya lebih cepat serta menghasilkan detail presisi. Umumnya membutuhkan bak tinta untuk digunakan pada keperluan peresmian dokumen.

Stempel ini masih sangat diminati walau warnanya hanya satu dan terkesan tradisional, hal tersebut disebabkan karena harganya masih sangat bersahabat dibandingkan tipe lain yang bisa mencapai angka ratusan ribu rupiah. Namun tentunya memiliki kelebihannya masing-masing.

  • Stempel embos yang digunakan untuk sertifikat

Tipe selanjutnya adalah embos yang memiliki nilai estetika lebih dibandingkan tipe biasa, pada embos ini akan tercetak hasil timbul di dokumen sehingga lebih terlihat berkelas. Umumnya akan digunakan pada dokumen lebih resmi dan penting agar lebih digandakan seperti sertifikat serta ijazah.

Stempel ini juga bermanfaat dengan baik pada sertifikat karena terlihat elegan dan jauh lebih awet, terlebih pada tipe ini anda tidak memerlukan bak tinta atau bantalan. Tentu membuatnya bukan hanya terlihat berkelas namun juga bekerja lebih efisien dari pada tipe lain.

  • Stempel warna yang digunakan untuk sebuah dokumen

Selanjutnya adalah tipe yang berwarna, biasa disebut stempel flash atau otomatis. Disebut otomatis karena tintanya menyatu pada badan stempel tersebut sehingga anda tidak perlu menyiapkan bak tinta. Hal ini juga membuatnya tidak hanya memiliki satu warna namun berbagai warna dalam satu badan.

Untuk menggunakannya sangat mudah, hanya dengan menekannya pada kertas resmi kemudian otomatis tercetak tanpa perlu bantalan. Umumnya digunakan pada dokumen seperti proposal atau surat resmi. Untuk membuat dengan kualitas tinggi, maka segera membuat di percetakan terpercaya karena menyediakan berbagai jenis stempel dengan kualitas terbaik.

Baca juga: Inilah Jenis-jenis Stempel Yang Ada di Pasaran

Categories: Info

Share:

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0813 1664 5747