Image
Google

Berkenalan dengan Berbagai Jenis dan Fungsi Nota

Nota merupakan sebuah dokumen yang dijadikan alat sah pembayaran kegiatan transaksi bisnis antara penjual dan pembeli. Dapat dikatakan bahwa benda tersebut merupakan catatan penting yang diberikan setelah terjadi transaksi.

Transaksi jual beli adalah hal umum dan penting karena akan mempengaruhi perekonomian mikro and makro. Sebagai bukti proses terjadi transaksi jual beli biasanya akan diberikan catatan pembayaran nota yang sah.

Nota bukti pembayaran juga dapat digunakan untuk melengkapi pencatatan setiap transaksi bagi pelaku usaha. Pada catatan tersebut berisi transaksi yang dapat dijadikan sebagai bukti sahih atas pembelian suatu barang atau jasa.   

Berkenalan dengan Empat Jenis dan Fungsi Nota

Hampir semua masyarakat mengenal catatan nota. Seperti yang telah dikatakan bahwa ada berbagai jenis catatan atau bukti pembelian yang beredar dan berkembang di masyarakat.               

Sebelum menggunakan atau membuat sendiri, kamu tentu harus mengetahui jenis dan fungsi terlebih dahulu agar tidak salah. Untuk itu, berikut di bawah ini adalah beberapa jenis nota dan fungsi masing-masing.

1.       Catatan Dokumen Penjualan Bisnis

Dilihat dari namanya saja tentu sudah terlihat jenis ini akan difungsikan sebagai alat pencatatan pembelian barang secara tunai, dan tersusun atas dua rangkap berwarna dan putih polos. Seperti diketahui bahwa nota merupakan bukti maka pada lembar berwarna putih akan diberikan kepada pembeli, sedangkan pada lembar berwarna kuning, atau biru akan disimpan penjual sebagai dokumen pembukuan.

2.       Jenis Catatan Kontan

Jenis catatan kontan diberikan oleh pelaku usaha kepada pelanggan yang melakukan pembelian. Dengan dikeluarkan catatan ini maka tidak ada transaksi yang dibayarkan ketika jatuh tempo. Pada nota kontan harus terdapat beberapa hal seperti hari dan tanggal, nama usaha, barang, dan jumlah. Hal ini sesuai dengan fungsinya yakni sebagai alat pengecekan ulang barang terjual.

3.       Jenis Catatan Debet

Dokumen yang ditujukan sebagai bukti telah terjadi transaksi pencatatan serta pengurangan hutang pada proses jual beli. Biasanya pemilik usaha atau penjual mengeluarkan dokumen ini dengan adanya kegiatan pengembalian barang. Nota merupakan dua lemba dokumen yang diberikan kepada pembeli dan disimpan oleh penjual. Jenis ini digunakan sebagai alat pengurangan hutang dan koreksi harga penjualan barang.

4.       Dokumen Pencatatan Kredit

Dokumen tersebut digunakan sebagai tanda bahwa adanya kesanggupan untuk memberikan pinjaman dengan jangka waktu tertentu, tidak berbeda dari nota lain namun dokumen ini juga memiliki dua rangkap.

Pentingnya sebuah catatan transaksi penjualan dan pembelian agar bisnis produk pada bisnis kamu tetap terpantau. Gunakan nota custom dari Snapy agar bisnis lebih profesional dan membina kepercayaan pelanggan.

Baca juga: Dengan Ada Nya Nota, Bisnis Jadi Lebih Terpercaya

Categories: Info

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234