Image
Source image: Google

Bingung Pilih Mousepad yang Pas? Yuk Perhatikan 5 Hal Berikut untuk Memilih Mousepad Sesuai Kebutuhan

Mousepad adalah alas karet yang digunakan saat menggunakan mouse yang akan menjaga permukaan meja dari goresan dan menjaga mouse agar tetap berada di tempatnya. Dalam aktivitas setiap harinya, baik di kantor atau rumah, atau baik menggunakan komputer atau tidak, penggunaan mouse dapat membantu pekerjaan dan kegiatan Anda. 

Setiap pekerja menggunakan mousepad sebagai alat pendamping saat menggunakan komputer atau laptop selama mereka bekerja. Selain pekerja, mousepad juga dibutuhkan oleh gamers yang menggunakan mouse gaming untuk meningkatkan performa saat mereka bermain game. Di pasaran, terdapat dua jenis mousepad gaming yaitu seri control dan speed. Selain menunjang pekerjaan dan aktivitas bermain komputer, mousepad juga dapat membuat telapak tangan terasa lebih nyaman, meningkatkan akurasi dan kinerja sensor mouse yang baik.

Nah, untuk memudahkan Anda dalam menentukan mouse pad apa yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda, yuk simak artikel ini sampai akhir!

Tips Memilih Mousepad yang Cocok Sesuai Kebutuhan

1. Bahan yang Terbaik

Di pasaran, ada berbagai bahan pembuatan alas mouse yang tersedia. Di antaranya dari gabungan antara bahan karet dan kain atau bahan full karet atau full rubber yang memiliki jahitan dipinggir mousepad. Pekerja dapat menggunakan bahan full karet yang memiliki dua sisi berbeda. Pekerja kantor dapat menggunakan mousepad polos atau mousepad custom yang didesain khusus dengan nama atau logo perusahaan. 

Sama halnya dengan mousepad untuk gaming. Gunakanlah mouse pad yang memiliki alas karet. Hal itu karena penggunaan karet untuk mousepad dapat membuat mouse tidak mudah bergeser. Karet akan membuat mousepad lebih kesat dan tidak licin yang digunakan. Meja yang menjadi alasnya pun akan tetap aman dan tidak rusak. 

2. Jenis Permukaan Sesuai Kebutuhan

Selain bahan, Anda dapat menentukan jenis permukaan mousepad sesuai kebutuhan. Setidaknya ada dua jenis permukaan mousepad. Pertama, mousepad soft surface. Jenis ini bersifat lentur dna mudah untuk digulung. Hal itu tentunya akan memudahkan ketika di bawa kemana saja. Biasanya bahan soft surface ini memiliki permukaan yang licin dan cocok untuk Anda yang membutuhkan kecepatan (speed). Permukaan yang licin akan membuat mouse lebih cepat ketika digerakkan.

Kedua adalah mousepad hard surface. Sesuai namanya, mousepad ini memiliki material yang lebih keras dan biasanya terbuat dari bahan kaca atau plastik. Mousepad akan terasa lebih kaku dan cocok untuk Anda yang menginginkan akurasi yang tinggi. Sangat cocok untuk kamu yang butuh kontrol dan memiliki lapisan permukaan yang bertekstur.

3. Perhatikan Tebal dan Kenyamanan

Rata-rata mousepad yang digunakan untuk gaming memiliki ketebalan rata-rata 4 mm. Akan terasa lebih nyaman saat digunakan. Anda juga dapat menggunakan mouse pad yang dilengkapi dengan sandaran agar tidak pegal. Terutama ketika bekerja di depan komputer yang terlalu lama akan menimbulkan rasa pegal. Fungsi sandaran akan membagi beban dan mendukung posisi tangan agar terasa lebih nyaman.

4. Perhatikan Jahitan Pinggir Mousepad

Walaupun terasa simpel, Anda tetap harus memperhatikan jahitan tepi mousepad. Jika tidak rapi, maka mousepad akan cepat rusak, sobek, dan mengkerut (kusut). Selain itu, kamu harus memperhatikan bahan yang digunakan dalam melapisi mousepad. Pastikan jahitan tepi cukup aman dan nyaman agar tidak membuat tangan Anda lecet.

5. Ukuran Mousepad yang Sesuai

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah ukuran mousepad. Ada beragam bentuk dan ukuran mousepad. Ada yang kotak, oval, dan persegi panjang. Apapun bentuknya, Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan luas tempat yang tersedia untuk menaruh mousepad. 

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih dan membeli mousepad. Untuk Anda yang tertarik menggunakan mousepad custom, dapat melihat infomasinya DI SINI!

Categories: Tips & Trick

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234