Image
Source image: Google

Cara Membuat Kop Surat Menggunakan Ms.Word atau Ms.Excel

Kop surat merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dari penulisan surat resmi. Karena sifatnya sebagai bagian penduluan surat maka Kop surat terletak dibagian di bagian atas surat resmi.

Apa itu Kop Surat

Kop surat atau yang disebut juga dengan kepala surat merupakan format baku yang digunakan sebagai penanda  otentik surat dari sebuah instansi atau perusahaan. Kop surat selain sebagai pendahuluan surat, juga bertujuan untuk menunjukan identitas surat tersebut. Dari kop surat yang ada pada bagian paling atas itu, kita dengan mudah mengetahui pengirim surat karena di sana tertulis jelas identitas dari pembuat surat atau pengirim surat. Karena pentingnya kop surat ini, jadi pastikan membuat kop surat sebaik mungkin dan seinformatif mungkin agar informasi yang ada di dalamnya dapat tersampaikan dengan baik.

Jika kamu bingung cara membuat kop surat menggunakan Ms.Word atau Ms. Excel dibawah ini adalah caranya:

1. Membuat Kop Surat di Ms. Word

Kamu dapat membuat kop surat melalui Microsoft Word. Pembuatan kop surat di Ms. Word merupakan pembuatan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Untuk membuat kop surat melalui Ms. Word, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Bukalah Microsoft Word yang ada di komputer.
  2. Klik bagian headers yang ada pada bagian atas Ms. Word.
  3. Tulislah identitas perusahaan seperti nama, alamat, nomor telepon, dan email, kemudian pilih rata tengah (CTRL+E).
  4. Untuk memasukan gambar, pilihlah Insert kemudian pilih Picture.
  5. Beri garis pemisah pada bagian bawah kop surat.

2. Membuat Kop Surat di Ms. Excel

Selain menggunakan Ms. Word, kamu juga bisa menggunakan Ms. Excel untuk membuat kop surat. Berikut langkah-langkah yang bisa diikuti untuk membuat kop surat dengan Ms. Excel:

  1. Bukalah Ms. Excel yang ada di komputer.
  2. Pilih salah satu worksheet atau bisa pilih beberapa kemudian lakukan merge.
  3. Tuliskan nama perusahaan, alamat lengkap, nomor telepon, dan email di worksheet tersebut.
  4. Beri sel kosong di bagian bawah sheet yang terisi.
  5. Untuk memasukan logo perusahaan pilih Insert+Picture.
  6. Buat garis pemisah di bagian bawah kop surat. Lalu kamu dapat melakukannya dengan menyalin garis yang ada di Ms. Word.

Baca juga: Mengapa kop surat penting usaha Anda

Categories: Info

Share:

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0813 1664 5747