Image
Unsplash

Mudah Banget! Inilah Cara Membuat Tali Masker Sendiri di Rumah

Sebagai penunjang penggunaan masker, strap masker dianggap sebagai salah satu hal penting. Terutama jika kamu memakai hijab, maka kamu perlu benda ini sebagai pengait masker yang kamu gunakan. Biasanya tali masker digunakan dengan cara menempelkan pada bagian belakang kepala atau pada bagian samping masker. 

Cara ini akan memudahkan kamu ketika menggunakan masker dan menggantungkannya di leher. Dengan pengait tali masker, kamu dapat menyimpan masker dengan cara yang tepat. 

Masker yang kamu gunakan akan menggantung di leher dan akan menghindari dari permukaan atau benda yang kotor. Saat ini, sudah banyak usaha rumahan yang memproduksi tali masker. 

Beragam jenis tali masker pun mulai banyak di pasaran. Seperti bahan karet, kain, hingga rantai. Desainnya pun beragam dan dirancang dengan fungsi untuk mengurangi tekanan pada telinga. Selain membelinya, kamu bisa, lho, membuat tali masker sendiri. 

Yuk simak penjelasannya berikut!

Cara Membuat Tali Masker Sendiri di Rumah

Dari beberapa jenis bahan pembuatan tali masker, bahan kain merupakan bahan yang paling mudah dan efisien dalam proses pembuatannya. Kamu bisa menggunakan bahan kain pakaian yang tidak terpakai untuk membuat strap masker.

Dikutip dari kumparan.com, inilah cara membuat strap masker sendiri yang berkualitas:

1. Siapkan Kain Tali Masker

Hal pertama yang perlu kamu siapkan adalah potong secarik kain dari pakaian atau baju, legging, atau bahan ringan yang elastis. Setelah itu, cuci bersih bahan tersebut sebelum digunakan. Bilas hingga bersih dan keringkan pada permukaan yang datar.

Selanjutnya kamu bisa menggunting kain tersebut dengan cutter atau gunting. Potong kain memanjang dengan lebar sekitar 3/4.

2. Beri Jarak pada Kain

Agar potongan kain dapat menjadi tali masker, kamu perlu merenggangkan potongan kain panjang hingga menekuk dan menjadi lebih elastis. Setelah itu, tekuk separuh potongan kain tersebut dan mulai jahit bagian pinggirnya dengan metode zig-zag.

Kamu siapkan jepitan untuk menahan potongan kain. Hal itu digunakan agar kain dapat terpotong sesuai kebutuhan.

3. Gunakan pada Maskermu

Dengan jepitan rambut yang telah kamu siapkan, kamu bisa mencoba memasukkan potongan kain strap pada lubang di sisi samping masker. Untuk memberikan hasil yang maksimal, kamu juga bisa pastikan panjang strap ini hanya mencapai 70-90 cm sebelum diikat ke kepala dan telinga.

Untuk pemakaiannya, kamu bisa mengikat kedua ujung strap menjadi satu hingga gantungan masker hijab dapat terpasang dengan pada telinga atau mengikatnya pada belakang kepala. Tali masker yang sudah kamu buat sudah terpasang sempurna.

Itulah cara mudah membuat tali masker sendiri di rumah. Bahan yang digunakan juga terjangkau dan dapat dicari dengan mudah. Selain membuatnya sendiri, kamu juga bisa membeli produk tali masker yang berkualitas, lho.

Yuk kepoin beberapa desain tali masker yang unik dan beda dari yang lain. Snapy memberikan tali masker dengan bahan kain lanyard yang terbaik dengan ukuran panjang yang pas. 

Categories: Tips & Trick

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234