Image
Pexels

Tingkatkan Penjualan Bisnis Franchise di Bulan Ramadhan dengan Cara ini!

Menjelang bulan puasa, berbagai cara dilakukan oleh pemilik usaha dalam mengembangkan bisnis mereka. Beberapa orang juga mencoba peruntungan baru dengan membuat bisnis baru atau menjajal mulai menjual tak hanya barang tetapi juga kuliner. Salah satu yang juga menyiapkan beberapa kebutuhan promosi selama bulan ramadhan adalah bisnis franchise atau waralaba. 

Meskipun tidak memulai bisnis ini dari nol, tetapi kamu tetap perlu menyiapkan bahan promosi yang menarik agar terus berkembang dan memiliki penghasilan yang stabil. Umumnya bisnis ini sudah memiliki nama, namun bukan berarti semua bisnis ini memberikan produk atau brand yang menjanjikan. 

Seperti misalnya pada produk A yang di jual di daerah B bisa sukses, tetapi dengan produk yang sama pada daerah berbeda akan kurang menarik bahkan sampai bisa gulung tikar setelah tiga bulan berjalan. Keberhasilan tersebut tak lain karena promosi yang dijalankan berhasil. Setidaknya bisa bersaing dengan beberapa kompetitor di daerah tersebut.

Jika kurang berhasil, maka selain faktor promosi yang kurang, bisa juga terjadi karena banyaknya bisnis baru yang mendominasi. Apalagi menjelang bulan ramadhan. Saat ini, sudah mulai terlihat beberapa promosi yang dilakukan untuk mendapatkan penghasilan yang banyak menjelang lebaran.

Agar tidak tertinggal atau kalah dengan kompetitor, maka kamu perlu melakukan promosi yang menarik. Karena zamannya serba digital, kamu bisa mulai memperhitungkan melakukan promosi di media sosial. Dengan menjangkau target pasar yang tepat dan dengan rinci, iklan produk yang kamu pasarkan bisa menjangkau lebih banyak orang. 

Dilansir dari kompas.com, ada 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan promosi di media sosial. Yuk simak penjelasan lengkapnya di sini!

Baca juga: Penuh Keberkahan! Inilah Peluang Usaha yang Menguntungkan di Bulan Ramadhan

5 Cara Melakukan Promosi di Media Sosial untuk Bisnis Franchise

Secara umum, bisnis franchise merupakan sebuah hubungan kontrak kerja yang terjadi antara pemilik waralaba (franchisor) dengan penerimanya (franchise). Kehadiran bisnis ini menjadi solusi yang menarik, di samping banyaknya peminat karena kemudahan dan kepraktisannya. Untuk mengembangkan bisnis ini kamu perlu menyiapkan bahan promosi yang menarik, ini dia beberapa tipsnya:

1. Tersambung ke Website Bisnis atau Kontak Whatsapp

Untuk memberikan kemudahan kepada konsumen ketika ingin membeli atau melihat produkmu, sambungkan media sosial atau iklan media sosial dengan website bisnis atau kontak yang dapat dihubungi. Jadi dengan isi konten yang telah kamu buat, setiap iklan akan lebih mudah terjangkau untuk melakukan pembelian.

Jika mengarah pada website, maka kamu perlu malukan desain website atau membuat websitemu terperinci dan lengkap. Seperti informasi gerai, produk, dan harganya. Berbeda dengan iklan yang mengarah ke kontak Whatsapp, maka kamu perlu memberikan pelayanan gerai yang terbaik.

2. Relasi dengan Produk

Jika produk sebelah menjual hal yang sama, maka kamu perlu melakukan berbagai cara promosi yang terlihat berbeda. Tetapi yang perlu diperhatikan promosi tetap memiliki relasi dengan produkmu. Seperti melakukan perbedaan saat memberikan informasi atau edukasi yang menarik di media sosial. 

Bahaslah fakta unik yang berkaitan dengan produk yang kamu jual. Kamu juga bisa memberikan kuis singkat yang berkaitan dengan produkmu. Beberapa ide konten yang kamu persiapkan memberikan kesan bahwa akun media sosialmu bukan hanya sebagai etalase produk jualan tetapi memberikan informasi yang bermanfaat.

3. Berikan Target Promosi

Melakukan promosi di media sosial bukan hanya dengan cara yang itu-itu saja. Perlu melihat perkembangan zaman, dan berita terkini agar tidak ketinggalan jaman dan tetap mengikuti pasar dari produk yang kamu jual tersebut.

Kamu bisa menentukan beberapa target promosi. Hal ini akan memberikan bahan evaluasi kepada tim dan gerai. Buatlah target mulai dari harian, mingguan, hingga bulanan.

4. Desain Visual yang Menarik

Setelah menentukan target promosi, kamu bisa membuat desain konten yang unik dan beda. Ini akan memberikan hasil yang cukup memuaskan jika kamu berhasil memenuhi target promosi tadi. Kamu bisa melihat kompetitor atau membuat desain menarik baru yang sesuai dengan target pasarmu.

Jika memungkinkan, kamu bisa menyewa jasa desain dengan budget yang sesuai. Pastikan setiap desain visual yang kamu buat tertanam informasi gerai, kontak customer care yang akan memudahkan calon konsumen melakukan pembelian.

5. Sesuaikan dengan Target Pasar

Hal terakhir yang paling utama, adalah menentukan ide promosi sesuai dengan target pasar dari produk yang kamu pasarkan. Dengan mengetahui target pasarnya, kamu jadi tahu bahan promosi yang cocok untuk mereka. 

Seperti misalnya produk makanan ringan yang cocok untuk perempuan, baik usia muda atau ibu-ibu, atau produk susu balita yang cocok untuk ibu yang baru melahirkan atau memiliki anak masih balita. 

Ketahuilah kesuakaan mereka yang berhubungan dengan usahamu. Lakukan riset pasar ini dengan bertahap dan lakukan secara rutin agar produksi konten yang kamu buat tetap berjalan sesuai dengan target pasarmu.

Itulah lima cara melakukan promosi di media sosial. Berikan promosi yang terbaik agar penjualan tetap stabil. Kamu jadi mendapatkan banyak omzet selama bulan ramadhan.

Nah, selain melakukan promosi di media sosial, kamu juga bisa memberikan desain yang menarik pada packaging kemasan produk. Dengan kemasan produk yang menarik akan terlihat bagus jika difoto dan diberikan beberapa produksi konten di media sosial.

Percetakan Snapy, memberikan promosi kemasan produk yang menarik untuk para pelaku usaha UMKM yang ingin berjualan di bulan ramadhan. Yuk kunjungi promonya sekarang dan temukan berbagai harga yang terjangkau.

Baca juga: Buat Kemasan Kue Kering Menjadi Lebih Menarik untuk Dijual Saat Ramadhan!

Categories: Tips & Trick

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234