Image
Source image: Google

Tips Membuat Banner yang Efektif untuk Seminar Nasional dan Acara Kampus

Banner merupakan salah satu media promosi yang serbaguna dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari promosi produk, brand, hingga penggunaan banner di universitas sebagai banner acara. Ada berbagai informasi penting terkait akademik yang perlu disebar luaskan kepada seluruh mahasiswa atau akademisi. Selain itu, ada juga keperluan promosi kegiatan atau acara seperti gelaran UKM, pembekalan mahasiswa, pelatihan, seminar, dan lain-lain.

Salah satu kegiatan yang sering menggunakan bannerpromosi adalah seminar. Dalam kegiatan kampus ini, maka pihak penyelenggara akan meletakkan banner di berbagai tempat yang umum dilewati orang. Biasanya akan terlihat berbagai informasi penting yang perlu diketahui banyak orang. Seperti nama pembicara, tema seminar, dan waktu pelaksanaan. 

Salah satu seminar yang banyak dinantikan mahasiswa adalah seminar nasional. Untuk itu, sebagai penyelenggara kegiatan, maka pembuatan banner acara seminar nasional tidak boleh sembarangan. Ada berbagai faktor yang perlu diperhatikan agar hasilnya menarik dan efisien. Berikut beberapa contoh banner untuk seminar nasional dan kegiatan kampus lainnya:

Baca juga: Perbedaan Istilah dan Jenis Media Tulis untuk Penggunaan Kerja, Kuliah, dan Pribadi

1. Membuat desain background

Pilihlah background yang memiliki warna sesuai dengan tema maupun konsep acara. Background dengan warna solid menjadi pilihan yang tepat dan cocok untuk mempromosikan acara seminar yang fokusnya kepada pembicara. Sedangkan background dengan foto atau ilustrasi biasanya menjadi latar belakang yang cocok untuk ide lainnya. 

2. Pesan yang terfokus

Desain banner seminar yang akan dibuat sebaiknya memiliki kesan yang seolah berbicara kepada audiens. Pesan yang dibuat harus terfokus dengan menggunakan teknik copywriting yang menarik. Usahakan teks yang akan tertulis di banner tidak terlalu banyak. Masukkan beberapa hal penting saja seperti judul, jadwal, lokasi, pembicara dan call to action. Dalam penulisan banner, pesan yang dibuat lebih baik tidak lebih dari lima baris, dan letakkan pesan utama di baris pertama.

3. Teks yang mudah dibaca

Tujuan pembuatan banner adalah menyampaikan informasi. Untuk itu, maka pembuatan banner wajib yang mudah dibaca oleh siapa saja yang melihatnya. Untuk membuat tulisan yang mudah dibaca, maka hal yang perlu kamu perhatikan adalah ukuran dan pilihan font untuk judul dan informasi lain yang ada dalam banner. Selain itu, penggunaan font dapat menjadi branding profesional. Untuk seminar nasional yang memiliki kesan formal, maka gunakanlah jenis font sans serif yang lebih cocok. Seperti font Helvetica, Georgia, dan PT Sans. 

Baca juga: Memadukan Outfit Dengan Tote Bag Kamu Saat Ke Kampus

4. Gambar yang relevan

Penggunaan gambar untuk melengkapi banner harus dipilih yang paling releban dan sesuai dengan tema seminar tersebut. Namun, sebelum memilih gambar, pastikan memang gambar tersebut diperlukan. Hal ini karena ada beberapa banner yang memang tidak memerlukan gambar tambahan. Jika tidak memiliki hasil foto sendiri, kamu bisa mencari di situs penyedia stok foto gratis maupun berbayar. Penggunaan gambar sangat penting karena ketika audiens melihat banner, gambar yang ada akan meningkatkan daya tarik hingga 65 persen.

5. Tata letak yang seimbang

Tak hanya untuk seminar nasional, pengaturan tata letak yang seimbang juga berfungsi untuk mendesain berbagai spanduk maupun banner. Aturlah jarak yang ideal antara logo, deskripsi, maupun call to action. Saat membuat desain di aplikasi kamu bisa menentukan margin dan garis bantu yang tepat. Berikan ruang yang cukup agar tidak terlalu mepet dan kurang proporsional.

6. Mainkan warna

Banner seminar nasional yang bagus biasanya menampilkan tiga kombinasi warna saja. Selain menyesuaikan dengan konsep dan tema acara, kamu juga bisa menggunakan psikologi warna yang dapat mempengaruhi audiens secara emosional. Menurut pakar ahli, warna yang cerah dapat menghadirkan energi yang lebih besar dan meningkatkan ketertarikan. Selain itu, pastikan juga kontras warna yang padu antara teks, akses, dan background.

7. Call to action

Tips terakhir dalam pembuatan banner seminar adalah menentukan call to action. Ajakan bertindak ini dapat berupa alamat, nomor telepon, email, website, dan lain-lain. Namun, agar tidak terlalu banyak memasukkan informasi, kamu bisa menambahkan qr code untuk siapa saja yang ingin mengakses informasi lebih lengkap.

Snapy siap melayani berbagai kebutuhan cetak baik offline maupun online. Untuk cetak offline, kamu bisa mengunjungi langsung cabang Snapy terdekat yang sudah tersedia di berbagai daerah. Untuk cetak online, kamu bisa langsung menghubungi Whatsapp Snapy tanpa antri, tanpa ribet! 

Mengapa harus Snapy?

  • Service Guaranty

Apabila terjadi kesalahan cetak, maka pelanggan akan mendapatkan potongan sebesar 20% atau pembuatan produk ulang hingga benar.

  • Bekerja sama dengan Gosend

Melayani pengiriman di hari yang sama, dikirim dari cabang terdekat dari lokasi pelanggan.

Dapatkan penawaran khusus jika berkunjung langsung di cabang terdekat Anda*

*Syarat dan ketentuan berlaku

Hubungi Whatsapp Snapy segera dan dapatkan penawaran harga menarik. Kamu juga bisa konsultasikan kebutuhan cetak, promosi, dan branding di Snapy!

Categories: Tips & Trick

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234