Image
Google

Desain Nota Custom untuk Bukti Pembelian di UMKM

Dalam setiap transaksi, nota sangat dibutuhkan sebagai bukti sah bahwa pembayaran telah dilakukan. Sebenarnya dengan mudah bukti transaksi ini bisa kamu beli dimana saja, dengan berbagai ukuran yang desainnya seragam seperti di berbagai usaha lain.

Tentu bukan hal yang buruk namun kurang spesifik jika nota hanya dijadikan sebagai barang bukti transaksi. Lain hal jika memutuskan untuk custom dengan desain khusus yang secara spesifik mengarah ke suatu usaha, pasti akan lebih mudah dijadikan sebuah bukti transaksi.

4 Alasan Kustomisasi Nota Itu Penting

Ketika membeli sesuatu dalam jumlah besar, kamu akan mendapatkan bukti pembayaran dengan rincian barang apa saja yang dibeli. Beberapa UMKM memiliki nota custom bertuliskan nama usaha mereka karena bukti transaksi tersebut memegang peran:

1. Mengetahui Jumlah Produk Terjual

Tujuan utama dari penggunaan nota custom pada sebuah usaha dagang adalah mengetahui jumlah produk yang terjual. Dengan begitu bisa terlihat produk apa saja yang laris manis dibeli pelanggan dan produk apa saja yang sekiranya kurang diminati.

Melalui nota tersebut, pemilik usaha dapat mengevaluasi ke depan stok barang apa yang harus ditambah. Lantas adakah stok barang yang sebaiknya tidak lagi dijual karena tidak terlalu memiliki peminat.

2. Mencatat Total Pembayaran

Dari setiap barang yang terjual pasti ada catatan nominal uang sebagai keterangan lengkap dalam nota. Melalui total pembayaran ini, setiap pegawai bisa melaporkan berapa jumlah uang masuk setiap harinya, termasuk jika pembayaran dilakukan secara bertahap.

Beberapa tempat usaha mempersilakan pembeli membayar dua kali, biasanya di awal disebut uang muka dan di akhir disebut pelunasan. Detail jumlah terbayar pada waktu tertentu harus secara tepat dicatat sebagai bukti transaksi yang sah.

3. Bukti Sah Pembelian

Selain berguna untuk penjual, alat bukti pembayaran ini juga berperan penting bagi pembeli, misalnya sudah melakukan pembayaran lunas di awal maka saat mengambil barang tinggal tunjukan nota tersebut demi menghindari kesalahpahaman.

Pembayaran yang dilakukan setengah di awal dan setengah di akhir juga bisa dibuktikan secara sah. Dengan ada desain khusus usaha maka dapat menjadi bukti jelas siapa yang mengeluarkan nota custom tersebut dan tanggal berapa dikeluarkan.

4. Bukti Sah Pembukuan

Untuk dipertanggungjawabkan kepada atasan atau untuk bahan evaluasi diri sendiri, setiap nota dibuat untuk bukti sah pembukuan. Nantinya dari pembukuan bulanan dan tahunan bisa terlihat produk unggulannya apa saja, apakah perlu inovasi atau tidak.

Bukan hanya menjadi bukti pembelian tetapi nota juga bisa menjadi alat untuk memajukan usaha. Pentingnya memilih kustomisasi pada bukti pembayaran akan membantu kamu identifikasi transaksi yang dilakukan pada tanggal tertentu.

Pilihlah jasa desain yang bisa diajak komunikasi dua arah dan memahami kebutuhan kamu, sehingga desain nota custom tersebut bisa selesai dengan cepat dan mudah jadi sesuai waktunya.

Snapy siap melayani berbagai kebutuhan cetak baik offline maupun online. Untuk cetak offline, kamu bisa mengunjungi langsung cabang Snapy terdekat yang sudah tersedia di berbagai daerah. Untuk cetak online, kamu bisa langsung menghubungi Whatsapp Snapy tanpa antri, tanpa ribet!

Mengapa harus Snapy?

Service Guaranty

Apabila terjadi kesalahan cetak, maka pelanggan akan mendapatkan potongan sebesar 20% atau pembuatan produk ulang hingga benar.

Bekerja sama dengan Gosend

Melayani pengiriman di hari yang sama, dikirim dari cabang terdekat dari lokasi pelanggan.

Dapatkan penawaran khusus jika berkunjung langsung di cabang terdekat Anda*

*Syarat dan ketentuan berlaku

Hubungi Whatsapp Snapy segera dan dapatkan penawaran harga menarik. Kamu juga bisa konsultasikan kebutuhan cetak, promosi, dan branding di Snapy!

Baca juga: Pengertian dan Isi Dalam Komponen Nota yang Wajib Harus Ada

Categories: Info

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234