Image
Source image: Google

Fungsi Stempel Untuk Menandakan Keabsahan Suatu Dokumen

Secara umum, stempel biasanya di guna untuk melengkapi bubuhan tanda tangan pada bagian penutup surat, penggunaan cap yang menandakan identitas suatu badan usaha maupun lembaga non-profit berperan penting mengesahkan suatu dokumen tertentu.

Stempel sudah digunakan semenjak zaman prasejarah, dimana tulisan belum dikenal kala itu. Berbagai artefak penemuan sejarah dapat menegaskan fungsi cap kala itu, namun kini fungsinya berkembang sehingga banyak perusahaan memanfaatkannya.

Beberapa dokumen yang biasa menggunakan stempel adalah ijazah, nota, surat resmi, dan juga tanda terima, berbagai dokumen tersebut dibuat dengan tujuan dan kepentingannya masing-masing.

  • Fungsi Stempel Dari Pihak Tertentu

Ada berbagai jenis cap yang digunakan oleh suatu perusahaan maupun lembaga non-profit dalam bubuhan tanda tangan mereka.

Semuanya menjalankan fungsi utama seperti berikut ini:

1.         Pengesahan

Ambil contoh saja ketika sewaktu sekolah kita mengambil ijazah maupun transkrip nilai. Guru maupun dosen akan meminta kita untuk mendapatkan stempel dengan tujuan sebagai bukti pengesahan. Terkadang tanda tangan saja tidak cukup untuk menjadi bukti validasi.

2.         Penguat

Ketika suatu rapat diadakan dan kemudian dihasilkan keputusan dalam lembar kertas, akan lebih absah jika disertai dengan stempel. Fungsi nya sebagai penguat menandakan bahwa keputusan tersebut sah dan dapat menjadi bukti ampuh di masa depan.

3.         Pertanggungjawaban

Ketika mengurus suatu proposal, kita meminta tanda tangan dan juga stempel dari ketua pelaksana atau penanggungjawab. Tanda tangan dan cap warna tersebut bukan sekedar tempelan belaka karena di dalamnya terdapat tanggung jawab yang harus diemban oleh semuanya.

  • Beberapa Jenis Pengecapan Yang Perlu Diketahui

Stempel embos adalah salah satu jenis alat yang digunakan untuk berbagai kepentingan. Hal menarik dari pemilihan alat seperti ini adalah tidak membutuhkan tinta pada media lain, artinya sudah tersedia secara otomatis.

Kesan timbul di atas kertas memudahkan orang untuk meraba tanpa harus membuka surat untuk memastikan ada atau tidaknya pengecapan. Namun tentu saja tetap harus diperiksa kembali supaya menghindari kesalahan serta agar lebih teliti dalam melakukan tanggung jawab.

Ada juga bubuhan stempel yang mencetak tanggal dan biasanya digunakan dengan cara diputar untuk menyesuaikan hari, bulan, serta tahun. Jenis cap seperti ini memberikan keuntungan tanpa harus menulis tanggal secara manual dan pekerjaan lebih cepat diselesaikan.

Pembubuhan stempel berisi tanggal dapat di manfaat untuk mengesahkan dokumen berupa sertifikat, kwitansi, ijazah, dan lainnya. Berbagai pihak dapat memanfaatkan cap seperti ini untuk mendukung legalitas suatu dokumen dan menjadikannya selaku bukti pendukung yang kuat.

Jika tertarik untuk info lebih lanjut silakan klik DISINI

Baca juga: Berbagai Jenis Stempel Beserta Kegunaannya

Categories: Produk

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234