Source image: Google
Fungsi Tali Lanyard Dalam Sebuah Perusahaan
Tali Lanyard, jenis tali ini mungkin bagi sebagian orang kurang begitu familiar. Tali lanyard adalah tali yang digunakan untuk menggantung misalnya hp, usb atau id card. Bahan tali lanyard umumnya dibuat dengan menggunakan bahan polyester yang tidak mudah rusak. Sedangkan untuk ukuran panjangnya sangat beragam sesuai kebutuhan. Tali lanyard ini biasanya sering digunakan di instansi pemerintah maupun swasta, serta event tertentu, seperti seminar, pameran dan workshop.
Fungsi Tali Lanyard
Tali lanyard memiliki peran tertentu bagi perusahaan terutama bagi perusahaan yang berada dalam tahap pengembangan dan membangun merek atau positioning serta perusahaan yang ingin mempertahankan eksistensi mereka terhadap pesaing. Pertimbangkan beberapa fungsi tali lanyard sebagai berikut:
-
Media Branding
Tali lanyard yang pada permukaannya dicetak nama dan logo suatu perusahaan maupun lembaga dapat dijadikan sebagai media branding perusahaan maupun lembaga tersebut.
Jika para pegawai yang mengenakan tali lanyard tersebut berada di tempat umum seperti tempat makan maupun transportasi umum maka secara tidak langsung mereka tengah mengenalkan perusahaan/lembaga tempatnya bekerja kepada orang-orang di tempat tersebut. Sebab, orang-orang di sekitarnya pasti akan ada yang tidak sengaja membaca tulisan dan logo pada permukaan tali lanyard yang dikenakannya.
Orang-orang yang membaca tulisan dan melihat logo pada lanyard tersebut akhirnya mendapat informasi baru bahwa ada perusahaan/lembaga dengan nama tersebut.
-
Membedakan Pegawai dengan Klien
Fungsi tali lanyard yang kedua adalah untuk membedakan para pegawai sebuah perusahaan/lembaga dengan para klien yang berkunjung ke kantor perusahaan/lembaga tersebut.
Apabila para karyawan tidak mengenakan tali lanyard ini, maka penampilan mereka akan tampak sama dengan para klien. Apalagi jika para pegawai tersebut tidak mengenakan seragam, melainkan pakaian kasual.
Tampilan para pegawai dan klien yang tampak sama akan menjadikan para klien yang baru pertamakali mengunjungi kantor perusahaan/lembaga tersebut jadi tidak bisa membedakan mana para pegawai dan mana sesama klien. Akhirnya, para klien baru yang tadinya hendak meminta bantuan kepada para pegawai jadi salah orang, mereka justru meminta bantuan kepada sesama klien.
-
Mencegah Penipuan
Apabila klien yang disangka sebagai pegawai tersebut merupakan orang yang jujur, maka ia pasti akan mengatakan bahwa ia juga merupakan klien. Namun, kita tidak pernah tahu watak seseorang, bisa jadi klien tersebut memanfaatkan ketidaktahuan klien lain yang menyangkanya sebagai pegawai. Ia bisa saja mengaku sebagai pegawai perusahaan/lembaga yang bersangkutan lalu melakukan penipuan.
Namun, jika para staff perusahaan/lembaga tersebut mengenakan tali lanyard, maka tidak akan terjadi kesalahpahaman seperti poin nomor dua sehingga tidka terjadi penipuan. Apabila tetap terjadi kesalahpahaman, maka klien yang disangka sebagai pegawai tidak dapat menipun karena ia tidak mengenakan tali lanyard id card, sementara para staff yang sebenarnya mengenakan tali lanyard.
Categories: Info