Image
Source Image: Data Pribadi

Harga Banner Berdasarkan Jenis Bahan

Banyak media informasi yang mengandung pesan promosi di dalamnya, salah satunya yang sampai saat ini masih eksis adalah Banner. Media ini dapat menyampaikan baik pesan dengan tujuan menjual, maupun memperkenalkan produk kepada khalayak. Banner dicetak menggunakan print digital. Banner sendiri memiliki beberapa jenis yang pada umumnya sering digunakan, yaitu X-Banner, Roll Up banner dan banner biasa yang berbentuk portrait atau landscape.

Tidak sedikit masyarakat yang masih belum mengetahui jenis bahan banner yang biasa dipakai, ukuran pada umumnya, serta harga banner kisarannya. Berikut adalah sekilas penjabaran mengenai bahan, ukuran, serta harga banner pada umumnya:

1. Flexi China 280 gsm

Bahan flexi China kerap kali digunakan untuk di dalam ruangan karena bahannya yang tipis namun memiliki kelebihan harga yang sangat terjangkau. Penggunaan banner yang terbuat dari bahan flexi China disarankan tidak untuk jangka panjang, karena hanya dapat bertahan selama satu sampai tiga bulan. Kisaran harga pada umumnya yaitu sekitar Rp 12.000 – Rp 20.000 permeter.

2. Flexi China 340 gsm

Tidak jauh berbeda dengan flexi China dengan gramasi 280 gsm, bahan ini juga tiba disarankan untuk penggunaan dengan rentang waktu mulai dari sebulan hingga tiga bulan saja, karena bahannya yang tipis, namun lebih tebal setingkat dari clexi China dengan gramasi 280 gsm. Kisaran harganya mulai dari  Rp 25.000 – Rp 35.000 permeter.

3. Flexi Korea 440 gsm

Bahan hasil import Korea ini memiliki kualitas serta ketebalan yang baik, sehingga dapat bertahan hingga usia tahunan. Meski memiliki tekstur yang tidak terlalu berbeda dengan bahan flexi China, namun flexi Korea ini lebih berkualitas dan lebih bagus. Gramasi yang pada umumnya digunakan adalah 440 gsm. Bahan flexi Korea berkisar antara Rp 40.000 – Rp 65.000 permeter.

4. Flexi Jerman 550 gsm

Kualitas terbaik dengan gramasi paling tebal diantara yang lain, sangat cocok untuk diletakkan di outdoor. Selain bahan ini paling kuat, Flexi Jerman juga memiliki tekstur yan halus gambar yang dicetak pada media ini tampak lebih halus dan warnanya lebih keluar. Namun dibalik kelebihannya yang termasuk premium, range harga nya pun cukup mahal yaitu sekitar Rp 75.000 – Rp 150.000 permeter.

Selain keempat bahan yang disebutkan, ada pilihan bainnya yaitu Cloth Banner, Flexi Backlite dan Poly Banner. Namun, karena sedikitnya jumlah customer yang menginginkan bahan ini jadi tidak semua digital printing menyediakan bahan ini. Tidak hanya banner permeteran, harga banner yang sudah satu paket berdasarkan bentuk pun ada. Seperti:

1. X-Banner

Bentuk banner yang didirikan tegak menggunakan tiang berbentuk X sebagai penyangga di belakang, ukuran umum X-Banner yang biasa digunakan yaitu 160 X 60 cm. Rata-rata harga X-Banner yaitu Rp 150.000 sudah termasuk tiang dan banner.

2. Mini X-Banner

Bentuk mini dari X-Banner ini biasanya dicetak pada ukuran kertas A3 yang dilaminating, pada umumnya harga di pasaran berkisar Rp 50.000 – Rp 75.000

3. Roll Up Banner

Mirip dengan X-Banner, namun roll up banner memiliki dudukan yang lebih kokoh dan dapat digulung dalam roll besinya. Sehingga memudahkan ketika kita ingin menggunakannya, yaitu dengan cara menariknya saja. Harga roll up banner sayangnya cukup mahal, yaitu kisaran Rp 250.000 – Rp 350.000.

Ukuran banner permeteran dapat disesuaikan dengan kebutuhan, namun pada umumnya yaitu 1 x 2 m, 2 x 3 m dan 4 x 6 m. Jika Anda merasa kesulitan mendesain sebuah banner, Anda bisa klik di sini untuk menggunakan jasa desain dari Snapy. Itulah sedikit penjelasan dari macam-macam bahan, harga banner serta ukuran untuk banner. Semoga membantu ^^

 

Referensi: maxmanroe.com, zonacetakbandung.com, mitragraphia.com

Categories: Info

Share:

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0813 1664 5747