Pexels
Tips Mengatur Pengeluaran dan Lebih Hemat saat di Kantor
Beberapa waktu yang lalu, beberapa kebutuhan pokok hingga bahan bakar mengalami kenaikan. Kenaikan ini cukup ditanggapi serius dan berpengatuh secara siginifikan untuk sebagian orang. Hal ini karena kebutuhan sehari-hari bukan saja dikeluarkan untuk kebutuhan pokok tetapi untuk memenuhi gaya hidup baik di kantor maupun di lingkungan pertemanan.
Kenaikan bahan-bahan pokok tersebut menjadi salah satu penyebab pengeluarkan yang dikeluarkan semakin besar. Jika tidak ditahan, pengeluaran harian untuk memenuhi keinginanmu akan membuatmu kesulitan untuk menabung dan menghemat uang.
Untuk itu, dibutuhkan cara yang bijak untuk menyisihkan uang dan menggunakan uang dengan bijak untuk pengeluaran yang jelas dan penting. Terutama ketika bekerja. Baik bekerja di rumah maupun di kantor memiliki kelebihan dan kekurangnnya masing-masing.
Saat bekerja di rumah mungkin akan membuatmu lebih hemat. Beda lagi ketika setiap harinya bekerja ke kantor. Pengeluaran akan lebih banyak. Mulai dari biaya transportasi, makan siang, hingga jajan camilan.
Nah, kini kamu tak perlu khawatir lagi. Yuk simak beberapa tips untuk menghemat pengeluaran di kantor:
Baca juga: Hemat Biaya, Intip 5 Cara Membuat Desain Undangan Pernikahan Sendiri
-
Bawa bekel makan siang ke kantor
Salah satu cara untuk menghemat pengeluaran selama di kantor adalah menyiapkan dan membawa bekal makanan dari rumah. Tips yang ini bisa menjamin kamu akan mengurangi pengeluaran selama seharian bekerja di kantor. Namun, dikutip dari glints.com, selain menghemat pengeluaran, membawa bekal juga memiliki manfaat lainnya, lho.
Membawa bekal dapat membantu kamu agar selalu mengonsumsi makanan yang lebih sehat. Meskipun terdengar merepotkan, namun membawa bekal ke kantor akan membuatmu menjadi lebih hemat dan mengatur nutrisi serta makanan yang kamu konsumsi.
Siapkan satu kotak bekal yang berisi makanan sehat untuk di makan siang hari. Berbagai pilihan lauk bisa kamu atur setiap harinya agar tidak bosan.
-
Persiapan camilan dari rumah
Selain makan siang, selama bekerja ada waktu-waktu yang biasa dihabiskan dengan sambil ngemil. Jika tidak diperhatikan, kegiatan ngemil ini bisa membuat pengeluaran bertambah dan membuatmu boros. Misalnya ketika setelah atau sebelum waktu makan siang kamu menginginkan membeli camilan.
Keseringan membeli camilan ini membuatmu mengeluarkan banyak uang. Untuk mengakali pengeluaran ini, kamu bisa juga menyiapkan bekal camilan agar tidak jajan di kantor. Pilihlah camilan yang tahan lama agar kamu tidak perlu khawatir cepat kadaluwarsa.
-
Tidak beli minuman kekinian
Minuman kekinian memang selalu membuat siapa tertarik dan menjadi sebuah gaya hidup yang sudah mulai menjamur. Terutama saat-saat suntuk di kantor. Namun, untuk mengurangi pengeluaran tersebut, kamu bisa menahan niatan membeli minuman tersebut.
Dilansir dari glints.com, saat ini generasi milenial lebih banyak menghabiskan pengeluaran mereka untuk nongkrong dan minum kopi dibandingkan membeli baju. Dari kebiasaan ini akan membuat uangmu cepat habis hanya sekedar minum kopi dan nongkrong.
Untuk menguranginya, kamu bisa menjadwalkan waktu jajanmu. Misalnya minimal seminggu sekali atau dua minggu sekali. Kamu bisa mengganti minuman tersebut dengan yang lebih sehat dan dibuat sendiri di rumah dengan botol minum seperti jus buah atau mengonsumsi air putih yang cukup.
Baca juga: Walaupun Terasa Membebani, Membawa Botol Minum 2 Liter Lebih Bermanfaat, lho. Ini dia Keuntungannya!
-
Kurangi membuka media sosial
Meskipun untuk keperluan kantor seperti mencari ide, mencari koneksi dan berbagi pengalaman, media sosial juga bisa menjadi penyebabmu menjadi lebih boros, lho. Misalnya meningkatkan potensi belanja online jika ada barang yang menarik.
Jika kamu memiliki kebiasaan membeli sesuatu tanpa pikir panjang dan sering kali membeli barang yang tidak terlalu perlu, maka kurangilah membuka media sosial jika tidak perlu. Selain media sosial, kurangi pula membuka e-commerce.
-
Menunda pembelian yang tidak perlu
Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kamu bisa menunda membeli suatu barang. Misalnya ketika kamu berjalan-jalan atau melihat situs belanja online, lalu kamu menginginkan membeli salah satu barang. Sebelum memutuskan langsung membelinya, cobalah menunda membeli dan pikirkan barang tersebut seperti tiga hingga lima hari.
Dengan cara begitu kamu jadi tahu barang tersebut benar-benar diperlukan atau hanya sekedar 'lapar mata'. Cara ini juga akan membuatmu merubah pola belanjamu menjadi lebih natural. Hilangkan gaya hidup ikut-ikutan agar kamu tidak selalu membeli barang yang kurang perlu.
-
Mencatat pengeluaran
Tips yang terakhir untuk menghemat pengeluaran adalah dengan mencatat setiap pengeluaran selama sebulan. Dengan cara ini kamu akan mengetahui aliran uang yang kamu keluarkan selama sebulan dan keperluan apa saja yang paling banyak menghabiskan uang.
Dikutip dari glints.com, dengan mencatat semua pengeluaran, kamu menjadi lebih hemat dan memantau keuangan selama di kantor. Belajar menghemat selama di kantor memang cukup sulit terutama untuk yang biasa mengeluarkan uang dengan mudah. Namun, selama kamu bersungguh-sungguh, kamu akan mulai mendapatkan sirkulasi keuangan yang sehat.
Snapy siap melayani berbagai kebutuhan cetak baik offline maupun online. Untuk cetak offline, kamu bisa mengunjungi langsung cabang Snapy terdekat yang sudah tersedia di berbagai daerah. Untuk cetak online, kamu bisa langsung menghubungi Whatsapp Snapy tanpa antri, tanpa ribet!
Yuk, segera penuhi kebutuhan cetakmu di Snapy!
Categories: Tips & Trick