Image
Source image: Google

Inilah 5 Jenis Kertas Amplop Surat yang Biasa Digunakan sesuai Kebutuhan

Amplop surat merupakan salah satu barang kantor yang sangat penting untuk sebuah perusahaan. Walaupun fungsi utamanya untuk melindungi kertas yang ditujukan untuk pihak luar baik resmi atau tidak, amplop dapat berfungsi sebagai tempat menyimpan berkas perusahaan dalam bentuk kertas agar tidak hilang. Penggunaan amplop juga dapat digunakan untuk memisahkan antara satu berkas dengan berkas yang lainnya agat tidak tercampur.

Banyak sekali contoh amplop yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Amplop terbuat dari sebuah kertas yang dipotong dan dilipat sedemikian rupa hingga tertutup rapat. Untuk amplop yang berfungsi sebagai pengantar surat keluar, maka harus dibuat dengan desain yang menarik dan seprofesional mungkin dengan pilihan ukuran amplop, warna, dan hasil cetak amplop.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang penggunaan kertas amplop yang Anda butuhkan, simak terus artikel ini sampai akhir ya!

Baca juga: Ingin buat Amplop Surat? Yuk Perhatikan 3 Cara Membuat Amplop yang Benar dan Baik

5 Jenis Kertas Amplop sesuai Kebutuhan 

Amplop lamaran kerja, amplop coklat, atau amplop putih dengan logo perusahaan pastinya memiliki jenis kertas yang digunakan. Pemilihan kertas amplop juga menentukan dokumen atau berkas apa yang ditempatkan di dalamnya, lho! Selain itu, lewat kertas amplop yang Anda pilih dapat menampilkan kesan yang berbeda. Inilah lima jenis kertas amplop yang ada di pasaran:

1. Art Paper 150 gsm

Kertas art paper memiliki cici khas dimana permukaannya terlihat glossy yang akan menampilkan kesan mengkilap, lho! Sehingga penggunaan amplop surat dari jenis kertas ini akan terlihat lebih eyecatching. 

Namun, untuk Anda yang tidak suka amplop kaku, pemilihan art paper ini harus dipertimbangkan ya. Hal itu karena jenis kertas ini memiliki sifat kaku dibandingkan dengan jenis kertas amplop yang lain. Walaupun kaku, jenis kertas ini memiliki daya tahan yang kuat dan sangat cocok untuk menyimpan dokumen.

2. Matte Paper 120 gsm

Kertas amplop ini memiliki tampilan permukaan yang halus dan lembut dengan sifat glare free yang tidak akan terlihat mengkilau. Melihat sifatnya itu, maka kertas matte paper ini sangat cocok didesain dengan campuran warna yang beragam.

Jika Anda memilih menggunakan kertas jenis ini, maka akan memberikan kesan yang elegan, mewah, eksklusif, dan juga fancy.

3. HVS Paper 80 gsm dan 100 gsm

Kertas ini merupakan kertas favorit dan populer yang paling sering digunakan untuk membuat amplop surat. Kertas HVS memiliki bahan yang ringan daripada kertas amplop yang lain.

Walaupun ringan, tetapi kertas ini memiliki daya kuat yang kurang dibandingkan dengan kertas yang lain.

4. Samson Kraft 70 gsm, 200 gsm, 280 gsm

Kertas ini merupakan kertas daur ulang modern. Biasanya kertas ini didominasi oleh amplop yang berwarna coklat dan memiliki permukaan yang sedikit kasar. Salah satu contoh amplop yang mungkin Anda ketahui adalah amplop coklat atau amplop lamaran kerja.

Selain itu, bahan ini juga dapat digunakan untuk paper bag. Karena tampilan awalnya yang berwarna coklat, maka jarang sekali kertas amplop ini dicetak dalam full color.

5. Kertas Earth One White

Kertas amplop yang terakhir ini merupakan kertas putih polos yang memiliki tekstur agak kasar.

Nah itulah beberapa jenis kertas amplop sesuai kebutuhan. Anda dapat membuat desain amplop untuk perusahaan di cabang Snapy terdekat atau dengan mengklik DI SINI!

Categories: Info

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234