Image
Source image: Google

Inspirasi Layout Photobook yang Menarik dan Tahan Lama untuk Menyimpan Kenangan!

Photobook adalah album foto yang berisi kumpulan foto dengan tampilan yang lebih menarik dan modern. Tidak seperti pada album foto yang memiliki plastik pelindung untuk setiap foto di dalamnya, photobook hadir dengan model seperti halaman buku atau majalah. Anda dapat membuat jalan cerita yang menggambarkan proses dan cerita dari foto yang ada dalam sebuah halaman photobook.

Dalam proses cetak photobook, ada berbagai tips dan cara membuat layout photobook agar tampilan menarik. Anda dapat menggunakan photobook template yang telah disedikan oleh penyedia jasa pembuatan photobook, atau menggunakan desain photobook sendiri. Yuk simak artikel ini sampai akhir untuk membuat layout photobook yang menarik denga gaya khas Anda.

Baca juga: Menarik dan Tahan Lama! Yuk, Simpan Berbagai Kenangan Tak Terlupakan dengan Photobook!

7 Tips dan Inspirasi Membuat Layout Photobook yang Menarik dan Bagus

Selain sebagai tempat mengumpulkan kenangan dan foto, photobook juga dapat digunakan untuk hadiah, lho. Inilah inspirasi layout photobook untuk Anda sebagai berikut:

1. Menentukan Tema Photobook

Langkah pertama dalam membuat layout photobook yaitu menentukan tema photobook. Berbeda dari album foto yang hanya memiliki model dan warna yang terbatas, photobook dapat dibuat dengan berbagai warna dan tema yang menarik. Dalam membuat layout, Anda dapat memilih berbagai tema mulai dari tema sesuai isi foto hingga nuansa apa yang ingin Anda inginkan dalam photobook Anda. Beberapa tema photobook yang dapat Anda gunakan sebagai berikut:

  • Modern Rustic : Tema photobook ini biasanya didominasi oleh warna-warna alam yang earth tone. Tampilannya akan terkesan minimalis dan simpel. 
  • Vintage : Tema ini cocok untuk kenangan lama yang memiliki kesan hangat dan nostalgic. Anda dapat menggunakan tema ini untuk berbagai kenangan yang Anda rindukan.
  • Shabby Chic : Tema yang satu ini cocok untuk Anda yang menginginkan photobook dengan kesan yang segar dan feminim. Anda juga dapat memadukan berbagai tema lainnya dengan warna yang senada.

2. Pemilihan Foto

Setelah menentukan tema, maka langkah selanjutnya adalah memilih foto yang Anda inginkan. Pilihlah foto sesuai dengan tema foto yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Pilih foto yang menarik dan memberikan momen yang berkesan untuk Anda. Anda dapat menyusunnya juga sesuai dengan urutan kejadian untuk tema cerita photobook yang memiliki rentang waktu. Misalnya dalam membuat photobook untuk anak dari hari pertama mereka hingga anak berusia 2 tahun. 

3. Desain yang Menarik

Selain memilih foto, Anda juga harus menyiapkan desain yang menarik. Misalnya desain yang enak dilihat dan unik. Anda dapat mencari inspirasi dan contoh photobook di internet. Anda juga harus menentukan ukuran photobook yang ingin Anda gunakan. Hal itu untuk menentukan jumlah foto yang akan ada masukkan dalam photobook. Anda juga dapat menggunakan layanan penyedia jasa pembuatan photobook indonesia oleh ahli yang lebih profesional. Anda juga dapat berkonsultasi untuk menentukan tema apa yang cocok untuk foto yang Anda inginkan.

4. Merancang Layout yang Dibutuhkan

Sambil menentukan desain yang menarik, Anda juga sekalian merancang layout yang diinginkan. Tentukan posisi peletakan foto dan caption yang enak dilihat tetapi juga unik. Jangan membuat layout yang terlalu rapat dan terlalu renggang. Sesuaikan juga dengan caption dan jalan cerita yang Anda buat. Untuk membuatnya menarik, Anda juga dapat menyisakan beberapa spot yang digunakan untuk melukis atau mencatat secara langsung.

5. Membuat Caption

Inilah poin yang paling membedakan antara album foto dan photobook yaitu penggunaan caption. Setelah menentukan desain, foto, ukuran, dan layout maka Anda harus membuat caption untuk setiap halaman yang sudah tersedia. Caption ini juga dapat disesuaikan dengan jalan cerita yang telah Anda tentukan sebelumnya. Pilihlah caption yang menarik dan mampu membangkitkan kenangan ketika nanti Anda melihatnya kembali. Anda juga dapat menambahkan bait kata, puisi, atau lirik lagu yang mengingatkan dengan momen tersebut.

6. Penggunaan Font

Setelah menentukan captionnya, langkah selanjutnya Anda memilih font atau jenis huruf yang digunakan. Anda dapat melihat berbagai contoh font yang biasa digunakan untuk photobook. Pilihlah font huruf yang bukan hanya menarik tetapi juga mudha dibaca. Jika ingin menggunakan ukiran atau font yang jenis serif pastikan tidak berlebihan dan masih mudah dan terlihat unik.

7. Jenis Kertas 

Langkah terakhir adalah menentukan jenis kertas photobook yang digunakan. Layout sudah bagus, jangan sampai kesalahan pemilihan kertas membuat photobook Anda tidak bagus. Hal itu karena penentuan kertas photobook yang digunakan dapat menentukan hasil cetak photobook. Pilihlah kertas yang premium dan memiliki kualitas yang bagus. Usahakan yang tahan lama dan aman disimpan.

Baca juga: Tips Menjaga Kualitas Photobook agar Tidak Rusak dan Tahan Lama
 

Categories: Tips & Trick

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234