Image
Source image: Google

Jangan Salah Pilih! Kenali 10 Jenis Kertas untuk Membuat Undangan Penikahan

Undangan pernikahan merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan, lho. Meskipun saat ini sudah tersedia undangan digital yang dapat kamu kirim ke orang-orang terdekatmu, tapi penggunaan undangan tetap dapat digunakan. Momen pernikahan menjadi momen yang dinantikan oleh setiap pasangan yang akan menikah. Untuk itu, dalam setiap proses mempersiapkan hari pernikahan harus diperhatikan dengan baik.

Salah satunya adalah mempersiapkan undangan pernikahan. Di hari bahagia tersebut, Anda dan pasangan tentunya ingin mengundang orang-orang terdekat untuk dapat memberikan doa, selamat, dan ikut merasakan kebahagian yang Anda rasakan. Maka, cetak kartu undangan menjadi hal yang penting dan tak boleh terjadi kesalahan karena digunakan sebagai perantara awal untuk mengundang mereka agar hadir di pernikahan Anda.

Untuk meminimalisir kesalahan itu, yuk kenali dahulu jenis kertas undangan yang biasa digunakan untuk cetak undangan pernikahan.

6 Jenis Kertas Undangan Pernikahan

Banyak sekali vendor-vendor yang menyediakan undangan secara pernikahan secara online. Anda tinggal memesannya melalui website atau instagram vendor tersebut. Namun, karena membeli secara online, Anda tidak dapat langsung melihat bagaimana rupa kertas, jenis tinta yang digunakan, hingga bentuk langsungnya. Salah memilih vendor dan jenis kertas malah dapat membuat uang yang sudah keluar akan sia-sia dan Anda akan malu untuk memberikan hasil kartu undangan itu. Inilah beberapa kertas yang digunakan untuk cetak undangan pernikahan:

1. Kertas Ivory

Kertas Ivory merupakan kertas yang cocok digunakan untuk membuat undangan yang memiliki desain yang cantik. Kertas ini terbuat dari perpaduan bebeberapa jenis kertas seperti Art Paper, Art Carton, dan Matt paper. Walaupun biasa digunakan untuk bahan pembuatan poster, kertas ini juga cocok digunakan untuk membuat desain undangan pernikahanmu yang cantik dan lucu.

2. Kertas Jasmine

Seperti namanya yang mirip seperti karakter putri Disney, kertas jasmine memiliki tampilan yang cantik dan unik. Kertas ini bertekstur gliter yang tidak mudah menyerap tinta. Selain itu, kertas ini juga cenderung memerlukan waktu yang lama untuk kering. Walaupun begitu, menurut laman upint, kertas ini bisa lho digunakan untuk cetak undangan pernikahan. Anda dapat menggunakan teknik cetak bernama emboss atau deboss untuk mencetak undangan pernikahan menggunakan kertas ini.

3. Kertas Concorde

Kertas ini merupakan jenis kertas yang biasa digunakan untuk membuat kartu nama atau sertifikat. Namun, saat ini, Anda bisa menjadikan kertas ini pilihan sebagai bahan undangan pernikahan, lho. Kertas ini memiliki ciri-ciri yang memiliki permukaan penuh serat garis yang tak beraturan. Untuk membuat undangan pernikahan dari kertas ini, Anda bisa menggunakan kertas concorade yang tebal. Selain itu, Anda harus berhati-hati dalam membuatnya karena kertas ini akan menimbulkan bekas patah-patah jika terlipat.

4. Kertas Samson Kraft

Jenis kertas yang dapat digunakan untuk undangan pernikahan selanjutnya adalah kertas samson kraft. Kertas ini merupakan kertas daur ulang yang berwarna coklat kusam dan memiliki tampilan tekstur yang kasar. Walaupun begitu, pilihan kertas ini cocok lho digunakan untuk tema pernikahan rustik yang dapat memberikan kesan klasik pada undangan Anda.

5. Kertas Linen

Kertas linen merupakan kertas undangan pernikahan unik yang memiliki efek timbul. Hal itu karena jenis kertas ini memiliki tekstur yang kasar dengan aksen garis-garis timbul yang tipis. Anda dapat menggunakan kertas undangan ini baik menggunakan cetak digital maupun secara manual.

6. Kertas Aster

Harga undangan pernikahan ini merupakan salah satu jenis kertas yang mahal. Walaupun begitu, tentunya harga sesuai dengan kualitasnya. Kertas Aster merupakan kertas yang memiliki tekstur halus yang berkualitas baik untuk sebuah kartu undangan pernikahan. Biasanya jenis kertas ini digunakan oleh orang-orang dari kalangan ekslusif mengingat harganya yang cukup mahal.

7. Kertas Akasia

Jenis kertas ini memberikan kesan yang elegan pada sebuah undangan. Hal itu mengingat kertas ini merupakan kertas yang memiliki tekstur seperti kain yang dapat terlihat garis-garis membentuk sebuah tenunan. Unik bukan?

8. Art Paper

Art paper merupakan jenis kertas yang biasa digunakan untuk cetak kalender. Namun, saat ini Anda dapat menggunakannya juga untuk membuat undangan pernikahan. Art paper memiliki tampilan yang licin dan mengkilap. Selain sebagai isi undangan pernikahan, Anda dapat menggunakan kertas ini sebagai hard cover undangan Anda, lho!

9. Kertas Matt Paper

Matt Paper merupakan kertas yang memiliki kemiripan dengan art paper. Perbedaan keduanya terletak dari tampilan dan tekstur yang dihasilnya. Kertas matt paper memiliki tampilan yang matt atau dove yang akan lebih cepat menyerap tinta.

10. Art Carton

Selain matt paper, ada juga art carton yang memiliki kemiripan dengan art paper. Perbedaannya, art carton memiliki tekstur yang lebih tebal daripada art paper. Karena memiliki tekstur yang tebal itu, kertas ini tidak memerlukan hard cover lagi. Anda dapat menggunakan jenis kertas ini untuk membuat undangan pernikahan yang cantik.

Categories: Info

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234