Image
Pexels

Jenis Amplop Surat Berdasarkan Ukurannya

Amplop adalah wadah atau tempat pembungkus yang fungsinya secara umum tempat surat ataupun benda yang akan dikirimkan ke tujuan. Amplop surat dalam kegiatan perkantoran sangatlah penting untuk kirim mengirim berbagai dokumen dan ini sudah menjadi hal yang umum diperkantoran.

Tidak cuma itu amplop merupakan juga sebagai cover atau pembungkus yang biasanya digunakan untuk menutupi surat ataupun benda yang akan dikirimkan. Amplop ini sendiri lebih sering digunakan dalam kegiatan kirim mengirim berbagai dokumen penting yang memang diperlukan dalam sebuah kegiatan perkantoran.

Perlu di ingat tanpa adanya cetak amplop perusahaan kalian dalam mengirim dokumentasi akan dipandang sebelah mata. Seperti, apakah benar dokumen yang dikirim dari kantor kalian bahkan yang lebih parah tentunya dokumen yang kalian kirim tidak dibaca karena tidak ada penanda di amplopnya.

Oleh sebab itu, cetak amplop dengan nama atau logo perusahaan sangat lah penting. Adapun jenis amplop surat berdasarkan ukurannya dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu :

  • Amplop resmi, jenis amplop ini biasanya banyak digunakan oleh berbagai perkantoran untuk dapat memberikan surat kepada mitra mereka. Ukuran dari amplop ini, biasanya akan dapat mengcover ukuran kertas A4 sebagai media dalam penulisan surat.
     
  • Amplop kartu, amplop ini merupakan pembungkus yang biasa digunakan untuk membungkus berbagai kartu ucapan, dengan ukuran yang beragam. Amplop ini biasanya akan memiliki berbagai varian warna yang disesuaikan dengan warna kartu ucapan itu sendiri.
     
  • Amplop bisnis, merupakan jenis amplop yang biasanya akan memiliki bagian kop yang tertuliskan dari perusahaan yang memang memiliki dan menggunakan amplop tersebut.
     
  • Amplop pendek, amplop ini merupakan amplop dengan ukuran yang sangat mini, dimana fungsinya akan lebih sering digunakan untuk menyimpan ataupun mengirimkan dokumen kecil.
     
  • Amplop panjang, amplop ini berukuran seperti layaknya kertas berukuran F4, dimana biasanya akan lebih sering digunakan untuk membungkus surat lamaran pekerjaan.

Itulah jenis amplop surat berdasarkan ukurannya.

Baca juga: Jenis dan ukuran amplop yang perlu diketahui

Categories: Tips & Trick

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0813 1664 5747