Image
Source image: Google

Jenis Bahan Spanduk Yang Umum Digunakan

Spanduk merupakan media untuk promosi. Bahan kain merupakan pilihan utama dalam pembuatan spanduk. Seiring perkembangannya industri percetakan digital kini telah tersedia beberapa jenis bahan untuk spanduk.

Dalam pemilihan bahan spanduk kini konsumen dapat memilih banyak pilihan bahan spanduk. Konsumen dapat memilih bahan spanduk yang diinginkan, atau bisa juga disesuaikan dengan bujet yang dimilikinya. Berikut apa saja sih bahan spanduk yang dapat digunakan saat ini? Dibawah ini ada beberapa pilihannya: 

Baca juga: Peraturan daerah tentang pemasangan spanduk

  • Flexi China

Flexi China merupakan bahan untuk spanduk yang memiliki permukaan kasar, tidak terlalu tebal, dan memiliki serat. Pada umumnya, jenis bahan spanduk ini digunakan untuk pembuatan spanduk outdoor.

Terdapat berbagai pilihan gramasi yang dapat digunakan untuk bahan spanduk Flexi China ini antara 230 gram sampai dengan 400 gram. Akan tetapi yang sering kali dipakai dalam dunia digital printing adalah 260 gram, 280 gram dan 340 gram. Untuk proses cetaknya, lebar gulungan bahan antara 220 cm, 250 cm, 320 cm dan 550 cm.

Bahan ini termasuk kuat untuk digunakan diluar ruang ( out door ) tidak mudah retak atau sobek. Tapi jika ingin menggunakan bahan spanduk Flexi China untuk indoor juga tidak masalah.

Flexi China pada umumnya dipakai untuk mencetak spanduk, I-Banner, X-Banner, Y-Banner, mini X-Banner, baliho, umbul-umbul, roll up, photowall, backwall, wallpaper, billboard, ataupun backdrop.

  • Flexi Korea

Pilihan kedua yaitu Flexi Korea memiliki kualitas yang lebih bagus daripada bahan spanduk Flexi China. Tekstur yang dimilikinya lebih bagus sehingga dapat menghasilkan hasil cetakan lebih bagus.

Bahan ini sangat cocok untuk media promosi outdoor karena memiliki ketebalan yang cukup baik. Ada pilihan gramasi untuk bahan spanduk ini, mulai dari 250 gram hingga 400 gram. Untuk proses cetak, lebar gulungan bahan antara 250 cm, 320 cm, dan 550 cm.

Selain tebal bahannya juga agak kasar. Tidak hanya untuk spanduk, biasanya Flexi Korea digunakan untuk mencetak baliho, I-Banner, X-Banner, Y-Banner, mini X-Banner, umbul-umbul, wallpaper, ataupun backwall.

  • Flexi Jerman

PIlihan ketiga yaitu Flexi Jerman, jenis bahan ini kualitasnya tidak diragukan lagi. Karena kualitasnya terbukti lebih bagus dibandingkan dengan kedua bahan spanduk di atas.

Ketebalan dari bahan spanduk ini sangat cocok digunakan untuk media promosi outdoor. Bisa dibilang harga spanduk dengan bahan Flexi Jerman ini mahal namun sebanding dengan kualitas yang dimilikinya.

Pilihan gramasi yang dimilikinya berkisar 230 gram hingga 400 gram. Untuk proses cetak, lebar gulungan bahan antara 250 cm, 320 cm, dan 550 cm.

Percetakan jarang menyediakan bahan spanduk ini karena harganya yang lumayan mahal, kecuali memang pada percetakan yang besar dan lengkap. Kebanyakan percetakan menyediakan bahan Flexi China dan Flexi Korea.

Bahan spanduk Flexi Jerman ini lumayan kasar, halus, dan memiliki ketebalan yang mumpuni. Tidak hanya untuk spanduk, bahan ini juga digunakan untuk baliho, I-Banner, X-Banner, Y-Banner, mini X-Banner, dan roll up.

  • Albatros

Jenis bahan spanduk Albatros ini memiliki tekstur halus dan lembut yang sangat cocok digunakan untuk mencetak media promosi indoor seperti poster, roll up banner, dan X-Banner.

Ada juga yang menggunakan bahan Albatros ini untuk mencetak foto yang berukuran sangat besar. Namun harus di setting dulu secara tepat agar hasil cetak tersebut semakin bagus.

  • Luster

Bahan spanduk jenis luster ini memiliki tektur agak kasar, mengkilap, dan tipis. Kebanyakan luster ini digunakan untuk mencetak media iklan indoor. Biasanya bahan ini digunakan untuk mencetak roll up dan X-Banner.

Dengan sifat bahannya yang sudah mengkilap, menjadikan bahan ini tidak perlu dilaminasi lagi. Laminasi tidak akan menempel dengan mudah baik pada jenis bahan spanduk ini. Adapun kekurangan dari bahan ini adalah memiliki permukaan berpori-pori yang kasar.

  • Easy Banner

Jenis bahan ini tidak banyak yang mengetahuinya. Akan tetapi bahan ini sering digunakan untuk mencetak standing banner outdoor. Bahan ini memiliki ciri-ciri lumayak kaku dan kasar. Maka dari itu sangat cocok untuk mencetak media promosi outdoor. Bahan ini semacam frontitle, tapi jauh lebih bagus dan tidak mudah melengkung.

  • Banner Cloth

Jenis bahan spanduk yang terakhir ini hampir mirip dengan kain biasa karena bisa dipakai untuk cetak banner secara digital printing. Banyak yang menggunakan bahan ini untuk sebuah acara.

Misalnya digunakan untuk pembuatan banner atau spanduk yang diikat pada balon, kemudian diterbangkan. Bahan ini memiliki berat yang ringan, sehingga mudah untuk terbang.

Dari uraian di atas, dapat diketahui bahwa bahan yang digunakan untuk mencetak spanduk sangatlah banyak. Jadi para konsumen dapat memiliki bahan spanduk yang diinginkan.

Dengan seperti itu, jika ingin mencetak spanduk tidak perlu khawatir dengan biayanya. Semua bisa diperkirakan sebelumnya dan disesuaikan dengan penggunaan nantinya. Apakah dalam jangka panjang atau tidak.

Categories: Info

Share:

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0813 1664 5747