Image
Source image: Google

Jenis dan Mesin Digital Printing Serta Kegunaannya

Bila membahas tentang digital printing sebaiknya juga harus mengetahui tentang jenis-jenis digital printing. Dalam dunia digital printing yang ada saat ini dibagi dalam beberapa jenis sesuai dengan jenis mesin yang digunakan.

Dibawah ini dijelaskan tentang jenis digital printing:

Inkjet Printer

Printer Injket merupakan printer yang sudah familiar ditemui baik itu dikantor atau dirumah. Printer ini sudah umum digunakan untuk kebutuhan bisnis percetakan seperti usaha foto kopi. Selain itu, printer inkjet juga banyak digunakan binis UMKM untuk membuat souvenir seperti mug, undangan pernikahan, cetak foto dan lainnya.

Mesin Plotter

Mesin Plotter adalah mesin digital printing yang biasanya digunakan mencetak media berukuran besar. Mesin Plotter ini beragam merek dan ukurannya mulai dari 1.5 meter, 3.2 meter sampai dengan 5 meter yang bisa digunakan untuk mencetak berbagai media promosi. Untuk tintanya juga beragam mulai dari tinta Dye atau Pigmen, Solvent, ecosolvent dan UV. Tinta tersebut masing-masing memiliki ciri khas yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Digital offset (Jet press 750S)

Digital offset merupakan mesin digital printing yang mampu mencetak ukuran A4 hingga A0. Mesin ini kebanyakan untuk mencetak buku, cetak kalkir, peta dan lain sebagainya. Mesin dalam proses pengerjaan mencetak bisa diandalkan kerja cepat dan menghasilkan cetakan sesuai dengan desain yang dipesan.

Flatbed printing

Flatbed printing merupakan jenis digital printing yang dikhususkan untuk mencetak di media tebal seperti kayu, kaca, keramik dan kaca akrilik. Flatbed printing cara pengerjaannya menggunakan teknologi tinta UV dan hasilnya bisa langsung kering seketika dan gambar bisa bertahan untuk waktu yang lama.

Sablon Digital Atau Sablon DTG

Jenis cetak digital yang satu ini terbilang masih baru di dunia percetakan namun memiliki keunggulan yakni tidak merogoh kocek yang terlalu banyak atau cenderung murah. Mesin ini bisa mencetak langsung diatas permukaan kain seperti katun, polyester. Jenis printer ini menggunakan tinta Neo Pigmen Kornit yang mampu menghasilkan kualitas cetak yang sempurna.

3D printing

Jenis digital printing 3D printing yang satu ini masih pemain baru dan mulai diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2013. Teknologi  3D printing  merupakan teknologi baru yang pengaplikasiannya digunakan di berbagai industri. Berbeda dengan jenis digital printing lainya mesin cetak ini menggunakan bahan photopolymer yang mampu membuat  sebuah objek tiga dimensi sesuai dengan keinginan. Namun di Indonesia penggunaan jenis digital printing ini memang belum banyak peminatnya dikarenakan kebutuhan pangsa pasarnya yang masih sedikit.

Baca juga: Digital Printing Murah Untuk Kebutuhan Yang Menarik

Categories: Info

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234