Image
Snapy

Jenis-jenis Amplop Surat Sesuai Kebutuhan

Jaman serba digital seperti sekarang ini penggunaan teknologi email dan fitur komunikasi online lainnya berpengaruh terhadap penggunaan amplop berkurang. Teknologi internet memudahkan dan efisiensi waktu untuk mengirim surat. Akan tetapi penggunaan amplop surat untuk beberapa tujuan, proses surat-menyurat juga masih banyak digunakan untuk tujuan resmi, khususnya di perusahaan atau kantor-kantor.

Amplop surat biasanya digunakan untuk mengirim surat dan dikirimkan ke alamat tujuan. Jika Anda berencana mengirimkan sebuah surat, pastikan untuk menggunakan amplop yang benar. Jangan sampai amplop yang digunakan amplop yang berwarna-warni, padahal surat yang akan dikirim merupakan surat kedinasan. Berikut jenis-jenis amplop surat yang banyak digunakan:

Jenis-jenis amplop:

Sebagai tempat untuk menyimpan dokumen dan surat, amplop memiliki berbagai jenis yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Berikut ini adalah jenis-jenisnya.

1. Amplop Resmi

Salah satu jenis amplop yang sering digunakan perusahaan atau kantor untuk mengirimkan dokumen adalah amplop resmi. Kertas ukuran A4 biasanya dimasukkan dan disimpan ke dalam amplop jenis ini. 

2. Amplop Bisnis

Jenis amplop lainnya adalah amplop bisnis. Amplop jenis ini memiliki ciri-ciri kedinasan, seperti terdapat logo atau nama perusahaan yang diletakkan di bagian atas amplop. Surat dengan amplop bisnis ini biasanya dikirimkan kepada rekan bisnis dengan bermacam-macam tujuan, termasuk ajakan untuk berinvestasi.

3. Amplop Besar

Jenis ukuran amplop ini sedikit lebih besarnya dari ukuran kertas F4. Amplop besar paling sering digunakan untuk memasukkan surat lamaran pekerjaan. Warna amplop ini berwarna cokelat.

4. Amplop Pendek

Amplop pendek paling sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Bentuknya yang pendek dan ukuran yang mini sering digunakan untuk menyimpan dan mengirimkan surat. Selain itu, amplop pendek berfungsi untuk menyimpan sejumlah uang. 

5. Amplop Panjang

Bentuk amplop panjang hampir menyerupai amplop pendek, namun dengan ukuran yang lebih panjang. Amplop ini digunakan untuk menyimpan surat yang tidak resmi. Amplop ini juga sering juga digunakan untuk menyimpan uang. 

6. Amplop Kartu

Amplop kartu merupakan jenis amplop yang tidak resmi dengan ukuran amplop yang beragam. Amplop ini berfungsi sebagai pembungkus berbagai kartu ucapan. Amplop kartu ini akan diberikan kepada kerabat atau teman dekat yang sedang merayakan momen penting, seperti kelahiran, ulang tahun, atau wisuda. Jenis amplop kartu memiliki berbagai pilihan warna yang cerah sehingga orang yang menerimanya akan merasa bahagia.

Berencana membuat amplop surat? Snapy menyediakan pembuatan amplop surat bisa melalui Snapy.id dengan konsep web2print, yakni metode untuk pemesanan produk ready print melalui website. Kunjungi infonya DISINI

Baca juga: Fungsi amplop surat terbagi 2 jenis, simak penjelasannya

Categories: Produk

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0813 1664 5747