Image
Snapy

Jenis - jenis Bahan Kertas Untuk Kartu Nama

Kartu nama, benda kecil berbentuk persegi yang berisi tentang informasi pribadi ataupun perusahaan bagi seorang pebisnis sangat dibutuhkan.

Perkembangan teknologi yang terus berinovasi sekarang ini bagi para pelaku usaha pembuatan kartu nama tidak mengalami kemunduran. Perkembangan dalam membuat kartu nama semakin beragam, baik dari sisi desain dan bahan baku berbagai bentuk kartu nama yang unik, lucu, aneh  semakin mudah ditemukan.

Baca juga: Alasan kenapa kartu nama masih digunakan di jaman digital

Kartu nama dengan desain yang keren dan unik memang menjadi daya tarik tersendiri. Namun esensi dari fungsi kartu nama tersebut tetap diutamakan dengan artian yakni sebagai tanda pengenal dan promosi. Desain kartu nama yang bagus juga harus didukung dengan bahan dari pembuatan kartu nama yang juga berkualitas. Oleh karena itu, mari kita simak dengan seksama pembahasan di bawah ini:

Pemilihan Bahan Terbaik dalam Membuat Kartu Nama

Dalam memilih bahan baku untuk pembuatan kartu nama harus diperhatikan karena ada banyak sekali bahan-bahan yang bisa digunakan, bukan hanya kertas, namun juga bisa menggunakan mika, logam, dan lain sebaginya.

Dari bahan kertas saja bisa memilih berbagai jenis, ada yang teksturnya halus, tekstur kasar, dan lain-lain. Sedangkan untuk bahan dari mika dan logam biasanya bisa lebih tahan lama meski harga bisa dibilang lebih tinggi.

Selain mempertimbangkan bahan medianya, hal yang perlu dipertimbangkan lagi adalah penggunaan bahan untuk menghasilkan citra visual pada media yang digunakan. Berbagai teknik bisa digunakan, misalnya untuk kertas bisa dengan digital print, sablon beserta embos (huruf timbul), dengan cetak offset dan lain-lain. Jika menggunakan bahan mika bisa dengan teknik sablon, dan jika menggunakan bahan logam bisa dengan teknik sablon ataupun etsa (dengan obat kimia).

Berikut jenis bahan kartu nama:

  • Art Paper

Art Paper memiliki permukaann yang licin, halus, dan mengkilap (glossy). Ketebalannya cukup beragam, mulai dari 85 gr, 100 gr, 115 gr, 120 gr hingga 150 gr. Permukaan art paper yang dilapisi (coated) membuat art paper tidak mudah menyerap cairan. Oleh karenanya jika dikenai tinta pulpen, tinta akan lambat mengering sehingga dapat mengotori kartu nama.

  • Art Carton

Art Carton memiliki ketebalan 190 gr, 210gr, 230 gr, 260 gr, 310 gr, 350 gr, 400 gr. Karakteristiknya hampir mirip dengan art paper, namun art carton lebih tebal. Berat ini tergolong cukup tebal untuk kartu nama. Sama seperti art paper, permukaan art cartoon cukup licin dan mengkilat sehingga membuat kartu nama agak sulit untuk ditulisi dengan pulpen. Jika anda mengharapkan penerima kartu nama anda bisa mencatat sesuatu pada kartu nama anda, mungkin bahan ini kurang tepat bagi anda. Dengan bahan art carton anda bisa membuat kartu nama yang di beri blok warna. Biasanya setelah pencetakan kartu nama dengan bahan ini, akan diberikan finishing berupa laminasi glossy atau doff.

  • Blues White (BW)

Blues white atau yang lebih akrab disebut BW merupakan jenis kertas yang halus namun tidak dilapisi seperti art paper dan art carton. Blues white mirip dengan kertas manila, tidak mengkilat, kaku, tetapi dapat ditulisi. Blues white hanya bisa dicetak satu sisi.

  • Mohawk Option

Mohawk option merupakan bahan impor dengan ketebalan 104 gr, 118 gr, 176 gr, 216 gr, dan 243 gr. Uniknya, bahan ini merupakan bahan daur ulang dari kertas-kertas bekas. Jenis kertas ini tidak dilapisi (uncoated) dan memiliki permukaan yang sangat halus. Hal ini membuat mohawk option memiliki daya serap tinta yang tinggi. Hasil cetak menggunakan kertas ini sangat bagus, karena itu bahan ini sangat digemari oleh orang-orang yang bergerak dalam bidang desain grafis. Jenis bahan ini dapat dicetak 2 sisi (bolak-balik).

  • Linen Jepang

Linen jepang merupakan kertas lokal. Bahan ini biasanya digunakan untuk pembuatan piagam. Kertas linen memiliki warna putih dengan tekstur bergaris. Bahan ini sangat cocok untuk anda yang ingin membuat kartu nama bagi perusahaan anda. Sebab, bahan ini memberi kesan eksklusif namun tidak berlebihan.

  • Linen Holland

Linen Holland merupakan kertas impor. Pada dasarnya linen holland mirip dengan linen jepang namun warna linen holland lebih putih dan sedikit lebih tebal. Teksturnya pun sama dengan linen jepang yaitu terdapat garis-garis berwarna putih, namun tekstur ini lebih jelas terlihat pada linen holland.

  1. Nettuno

Merupakan bahan yang cukup artistik karena bertekstur seperti serat kayu. Bahan ini cukup digemari karena keunikan teksturnya. Nettuno sangat cocok jika anda ingin membuat desain kartu nama yang minimalis

       2. Splendorgel

Sifat dari splendorgel adalah halus, kaku, dan sangat putih. Permukaannya yang halus dan warna putih terang membuat hasil cetakan menjadi sangat terang dan jelas. Oleh karenanya, bahan ini cocok jika anda ingin memuat kartu nama dengan blok warna.

Yuk di order sekarang jangan sampai kehabisan harga PROMO HOT nya! Langsung aja klik disini

Categories: Produk

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234