Image

Jenis-jenis Reklame Berdasarkan Kebutuhan

Reklame merupakan salah satu bentuk media untuk menyampaikan informasi atau promosi dari sebuah produk atau jasa. Namun reklame juga bisa sebagai media penyampaian yang bersifat non komersial atau kepentingan umum.

Secara umum pengertian reklame adalah sarana atau alat untuk menyampaikan informasi, menawarkan, mempromosikan dan memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada masyarakat luas melalui penggunaan gambar dan kata-kata yang menarik. Selain itu, reklame juga bertujuan untuk membangun brand produk atau perusahaan agar melekat pada calon konsumen.

Reklame dibedakan beberapa jenisnya, simak ulasannya dibawah ini:

           1. Jenis Reklame Berdasarkan Medianya

  • Reklame audiovisual
    Jenis reklame yang disampaikan dalam bentuk gambar dan suara. Contohnya seperti, Iklan TV, iklan YouTube, iklan di film, dan lainnya.
  • Reklame audio
    Jenis reklame audio adalah reklame yang disampaikan melalui suara, secara langsung atau tidak langsung. Contoh seperti, iklan radio dan iklan audio di Spotify.
  • Reklame visual
    Artinya, jenis reklame yang ditransmisikan dalam bentuk visual atau gambar. Contohnya seperti iklan megatron, poster, spanduk, plakat, brosur, selebaran, papan nama.

    2. Jenis Reklame Berdasarkan Lokasi Pemasangan
     
  • Reklame indoor
    Artinya, reklame yang dipasang di dalam ruangan. Umumnya reklame dalam ruangan berukuran kecil atau sedang dengan bahan kertas. Contoh seperti etiket, label, leaflet, dan brosur.
  • Reklame outdoor
    Artinya, jenis reklame yang dipasang di luar ruangan dan terkena sinar matahari. Pada umumnya reklame outdoor berukuran relatif besar dan terbuat dari bahan anti air serta tahan terhadap sengatan matahari. Contoh seperti, baliho, spanduk, papan nama dan lainnya.

    3. Jenis Reklame Berdasarkan Tujuan Pembuatan
     
  • Reklame komersial
    Artinya, jenis reklame yang dibuat untuk tujuan komersial yang tujuannya adalah untuk menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi. Contoh seperti poster, spanduk, baliho/papan reklame, dan lain-lain.
  • Reklame non-komersial
    Artinya, jenis reklame yang dibuat untuk kepentingan umum, misalnya seperti himbauan,, informasi layanan masyarakat/publik, dan lain-lain. Contoh seperti, himbauan donor darah, himbauan membayar pajak, himbauan tertib berlalu-lintas dan lain-lain.

    4. Ciri-ciri reklame adalah sebagai berikut:
  • Singkat, jelas, dan mudah dimengerti. Reklame yang baik harus dibuat dengan kalimat-kalimat yang singkat, jelas, dan mudah dimengerti oleh masyarakat umum.
  • Menarik dan mencolok. Reklame umumnya dibuat dengan komposisi desain dan warna menarik serta mencolok dengan tujuan mudah menggaet perhatian khalayak ramai.
  • Jujur. Pesan yang disampaikan harus jujur dan tidak dibuat-buat, sesuai kebenaran.
  • Dilakukan berulang-ulang. Hal ini sesuai dengan fungsi dan pengertian reklame yang harus disampaikan berulang kali sehingga ada lebih banyak orang yang mendapat pesan yang disampaikan tersebut.

    Info mengenai pembuatan billboard di Snapy selengkapnya ada DISINI

Categories: Produk

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234