Image
Source image: Google

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Wallpaper Dinding

Wallpaper dinding selain berfungsi sebagai ornamen mempercantik ruangan rumah Anda juga sebagai pelindung dinding dari cuaca yang sering berubah ubah. Sebelum menentukan wallpaper, anda juga perlu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki wallpaper dinding:

  1. Kelebihan Wallpaper dinding:
  • Pilihan jenis wallpaper yang bisa disesuaikan dengan selera

Wallpaper memiliki jenis motif dan gayanya yang beragam. Berkarakter kartun, minimalis, monokrom, klasik, dan sebagainya. Agar rumah anda semakin hidup, gunakan wallpaper sesuai dengan selera anda.

  • Berfungsi juga untuk menutupi retak, lubang dan celah pada dinding

Wallpaper custom selain untuk mempercantik tampilan dinding rumah namun juga bermanfaat juga untuk menutupi keretakan / bahkan berlubang pada dinding rumah. Namun perlu adanya penanganan khusus terlebih dahulu sebelum pemasangan wallpaper dilakukan, karena retaknya dinding juga dapat menimbulkan bahaya.

  • Bisa menjadi kreasi anak-anak

Jangan khawatir bagi Anda yang memiliki anak kecil atau balita karena wallpaper juga bermanfaat bagi mereka untuk berkreasi. Karena dengan bahan ini, anda dapat dengan mudah membersihkannya dan tahan jika terkena cipratan air / minyak.

  • Ketahanan wallpaper dapat bertahan lama

Wallpaper dinding memiliki keunggulan yang tidak di dapat dari cat rumah. Yakni, ketahanannya bisa bertahan lama dan hal lainnya seperti tidak pudar bila dilakukan pemasangannnya secara benar dan rapi.

      2. Kekurangan Menggunakan Wallpaper Dinding

Wallpaper dinding juga memiliki kekurangan, diantaranya:

  • Di ruangan yang lembab mudah mengelupas

Bila dibanding dengan cat tembok wallpaper memang dapat bertahan lebih lama. Tapi, dilain sisi wallpaper juga tidak akan bertahan dengan perubahan cuaca tertentu. Misalnya di pasang ditempat lembab seperti di dapur dan kamar mandi.

  • Biaya cukup besar

Wallpaper memang membuat tampilan rumah menjadi berbeda dan unik namun dibalik itu harga dan pemasangan wallpaper dinding mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Harga satu rollnya pun lebih mahal daripada sekaleng cat. Selain itu anda juga perlu menyewa jasa pemasangannya untuk melakukan agar terlihat rapi.

  • Diperlukan persiapan yang matang

Proses dalam memasang wallpaper dinding diperlukan persiapan yang benar-benar di pikirkan karena bila dibandingkan dengan pengecatan cat dinding cuma membutuhkan cat dan kuas saja beda halnya dalam pemasangan wallpaper perlu menyiapkan alat seperti spons, spray, kikir, dan lainnya.

Perhatikan lebih detil ukuran wallpaper dengan dinding agar sesuai dan perhatikan ujung wallpaper apakah sudah telah terkena lem dan merekat dengan baik dan rapi dengan tujuan agar menghasilkan pemasangan yang sempurna tanpa ada sisa lem yang terlihat / hasil pemasangan kertas wallpaper yang menggembung.

  • Akan menimbulkan bekas jika tidak dikupas dengan cara khusus

Lakukan dengan ahlinya dalam pemasangan dan penggantian wallpaper custom supaya tidak menimbulkan bekas agar terlihat rapi dan bagus.

Baca juga: Manfaatnya Custom dan Print Wallpaper Dinding

Categories: Info

Share:

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0813 1664 5747