Image
Source image: Google

Kenali Jenis Kertas Cetak Foto Dan Ukurannya Sebelum Mencetak

Banyak layanan cetak foto terdekat yang tersebar dimana-mana membuat konsumen bisa mencetak setiap momen terbaiknya kapan saja, namun tidak semua jasa percetakan memberikan hasil yang sesuai keinginan.

Selain itu masalah lain yang kerap terjadi ketika mencetak gambar ke percetakan adalah warnanya cepat pucat, tentunya Anda tidak ingin bila hal tersebut terjadi, bukan? Karena akan sia-sia bila Anda sudah mencetaknya mahal-mahal, namun selang beberapa waktu kemudian gambarnya hilang begitu saja karena tintanya buruk.

Belum lagi dari jenis ukuran, kesalahan pemilihan membuat hasil cetakannya menjadi kurang sempurna. Misalnya bila Anda ingin mencetaknya untuk kebutuhan pembuatan daftar riwayat hidup, tentunya jika ukurannya terlalu besar akan membuat hasilnya terlihat aneh, karena biasanya dicetak dalam ukuran 3x4.

Selain harus memperhatikan ukuran sebelum menggunakan jasa cetak foto online, sebaiknya kenali dahulu kertas-kertas yang bervariasi, karena itu nanti akan mempengaruhi sisi keawetan dari sebuah foto.

Berikut ini adalah jenis kertas yang perlu diperhatikan sebelum mencetak, antara lain:

1.         Bila Anda ingin kertas yang halus namun tidak mengkilap, maka MATTE bisa menjadi pilihan. Selain teksturnya bagus, sidik jari yang menyentuh hasil cetakan tidak akan terlalu terlihat, sehingga cocok untuk yang menyukai foto klasik dengan nuansa warna hitam dan putih saja.

2.         Bila ingin hasilnya lebih mengkilap, maka kertas GLOSSY bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda, gambar foto akan semakin hidup dan warnanya juga lebih tajam karena komposisi warna yang dihasilkan biasanya akan terlihat lebih cerah dan jelas.

3.         Supaya lebih tajam hasilnya dan sempurna, Anda bisa memilih kertas METALLIC. Bahan kertas ini tahan lama dan kuat terhadap goresan. Untuk hasil cetakannya juga lebih bagus sehingga cocok digunakan sebagai cetak foto keluarga dengan ukuran yang besar.

-           Ukuran Cetak Foto Berdasarkan Fungsi

Setelah mempelajari jenis kertas, jangan lupa juga perhatikan dari segi ukuran, karena ukuran menentukan fungsi dari foto itu sendiri. Misalnya saja untuk kebutuhan pelengkap dokumen resmi seperti CV, ijazah, lamaran kerja, maka 3x4 adalah ukuran paling tepat sebuah foto resmi.

Namun bila Anda ingin mencetak berukuran kartu pos, 3R bisa menjadi pilihan terbaik. Dalam pemilihan ukurannya sebaiknya cek juga ukuran pixel foto supaya tidak sampai pecah saat melalui proses pencetakan. Sementara itu bila ingin mencetaknya untuk kebutuhan yang lebih besar, ukuran 10R adalah pilihan terbaik.

Bila Anda ingin mencetak sebuah foto sesuai kebutuhan dengan hasil yang terbaik, silahkan hubungi KAMI

Baca juga: Cetak Foto Berkualitas Secara Digital

Categories: Produk

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234