Image
Source image: Snapy

Ketahui Beberapa Tips Yang Menentukan Dan Pembuatan Ukuran Poster

Ukuran poster merupakan salah satu aspek yang wajib Anda perhatikan saat hendak membuat karya desain grafis tersebut, pengertian poster sendiri adalah suatu karya visual yang terdiri dari desain grafis. Pembuatan karya visual bertujuan untuk mengajak atau mempengaruhi pembaca melalui pesan singkat yang tertulis di dalam.

Ada beberapa unsur penyusun yang biasanya terdapat pada karya desain grafis tersebut antara lain garis, teks (tulisan), serta gambar yang dikombinasikan sedemikian rupa sehingga dapat menarik perhatian banyak orang. Pembuatan ukuran poster juga bertujuan untuk beragam kebutuhan bisnis, iklan layanan masyarakat, event, dan lainnya.

Tips Menentukan Ukuran Poster

1.         Perhatikan Konsep Desain

Sebelum mencetak, Anda harus menyusun konsep desain yang nantinya akan dicetak. Desain tersebut meliputi teks, garis, gambar, atau ilustrasi dengan ukuran poster sesuai pertimbangan.

Untuk membuat iklan tempel berkualitas, usahakan agar tidak menggunakan terlalu banyak gambar maupun huruf terlalu besar, karena tujuan utama poster adalah menyampaikan pesan maka sebaiknya dibuat seminimalis mungkin.

2.         Tentukan Penempatan Poster

Pastikan Anda mengetahui di mana poster tersebut akan ditempatkan, pada lokasi terbuka tentu saja membutuhkan ukuran poster yang lebih besar karena satu poster mungkin perlu dicetak dalam beberapa ukuran.

3.         Pertimbangkan Anggaran

Ketersediaan anggaran pastinya juga perlu dipikirkan, semakin besar ukuran poster yang ingin dicetak maka semakin tinggi juga Anda mengeluarkan biaya, maka pertimbangkan efisiensi anggaran dengan tujuan yang ingin dicapai.

Mengingat bahwa ukuran poster merupakan hal penting, maka alangkah baiknya Anda mengetahui apa saja ukuran yang tersedia agar tidak salah pilih.

Tips Pembuatan Ukuran Poster

1.         Ukuran A5

Memiliki skala 148 x 210 mm, jenis ini berskala kecil dan dapat ditempel atau diberikan langsung kepada orang-orang.

2.         Ukuran A4

Memiliki skala 210 x 297 mm, Anda pasti sudah tidak asing dengan ukuran dokumen cetak yang biasanya menggunakan kertas tersebut, jenis ini digunakan untuk lingkup ruangan kecil.

3.         Ukuran A3

Memiliki skala 297 x 420 mm, termasuk berukuran sedang dan cocok untuk dipajang pada tempat strategis seperti majalah dinding atau fasilitas yang sering dilewati orang-orang.

4.         Ukuran A2

Memiliki skala 420 x 594 mm, banyak dipakai untuk iklan tempel karena cocok dipajang di sepanjang jalan maupun dinding.

5.         Ukuran A1

Memiliki skala 584 x 841 mm, jika menginginkaniklan promosi berukuran besar ukuran ini cocok dipilih.

6.         Ukuran A0

Memiliki skala 841 x 1189 mm, ini adalah ukuran paling besar. Memajang iklan cetak berukuran tersebut memudahkan masyarakat melihat ajakan yang ingin Anda sampaikan.

Baca juga: Hal-Hal Yang Perlu Di Pertimbangkan Sebelum Memilih Ukuran Poster

Categories: Tips & Trick

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234