Image
Source image: Google

Ketahui Jenis dan Fungsi Banner Yang Diulas di Bawah Ini

Dunia percetakan teknologinya semakin canggih dan banyak produk yang dihasilkan seperti media cetak yang digunakan sebagai media promosi suatu produk atau jasa. Contoh media cetak yang banyak ditemui seperti majalah, poster, brosur, flyer, dan banner. Adapun tujuan dan fungsi dari media cetak yang berguna untuk memaksimalkan promosi.

Salah satunya adalah banner, banner bisa jadikan untuk mempromosikan produk yang kamu jual atau jasa yang kamu pasarkan. Dengan banner, kamu bisa mencakup berbagai informasi penting yang ingin disampaikan kepada si pembaca ataupun pelanggan.

Untuk diketahui peletakkan banner dibedakan sesuai tempatnya baik itu indoor atau outdoor. Bukan hanya itu, banner pun juga dibagi lagi dalam beberapa jenis dan juga beberapa fungsi. Berikut adalah penjelasannya:

Jenis dan Fungsi Banner

  •  X Banner

X-Banner merupakan dari salah satu jenis banner yang cocok digunakan sebagai banner outdoor maupun indoor. Adapun maksudnya dinamakan X banner, karena banner ini memiliki penyangga yang berupa tiang menyerupai huruf X. Tiang tersebut terbuat dari pipa alumunium dengan ukuran kecil, sehingga banner tetap ringan dan mempermudahmu untuk memindahkannya.

X Banner berfungsi sebeagai sarana informasi khalayak saat hendak memasuki ruangan atau sebuah acara. Biasanya X Banner bisa ditempatkan di sebelah pintu masuk toko, ruang seminar, atau pintu kantor. X Banner memiliki ukuran yang bervariasi yaitu 25x40cm, 60x120cm, 60×160 cm, hingga 80x180cm.

  •  Y Banner

Banner ini sekilas tidak jauh berbeda dengan x banner. Y Banner juga memiliki penyangga yang terpisah dengan kertas banner. Hal yang membedakan adalah, tiang penyangga atau tripod banner menyerupai huruf Y. Umumnya, Y Banner memiliki alas pada bagian bawah agar banner bisa berdiri kuat.

Penempatan dan fungsinya pun sama dengan X banner Namun, khalayak lebih sering menggunakan X Banner dan lebih sering dijumpai di toko percetakan atau percetakan online. Ukuran standar untuk Y Banner biasanya sebesar 60×160 cm.

  •  Roll Up Banner

Jenis banner ini sangat cocok untuk diluar ruangan atau outdoor. Bahannya yang tergolong lebih kokoh dari banner lainnya membuatnya terhindar dari lipatan dan juga terjatuh akibat tertiup angin.

Roll Up Banner digunakan dengan cara digulung. Penggunaannya pun cukup mudah, hanya perlu menarik banner tersebut hingga terbuka secara keseluruhan. Ukuran standar dari jenis banner satu ini berukuran 80×200 cm, 85×200 cm, 120×200 cm hingga 150×200 cm.

  • Mini X Banner

Banner jenis ini mirip dengan X banner hanya saja berbeda di ukurannya yang lebih kecil maka itu dinamanan mini x banner. Memiliki bentuk yang sama hanya berbeda pada ukuran. Penyangga banner pun juga berbentuk huruf X. Ukuran Mini X Banner umumnya sebesar 26×38 cm atau bisa lebih kecil sesuai kebutuhan.

Fungsi Mini X Banner ini sendiri sama dengan banner lainnya, yaitu menyampaikan informasi. Namun biasanya digunakan untuk memberikan informasi mengenai menu makanan pada restoran atau promo yang ada pada restoran tersebut. Penempatannya berbeda dengan banner lainnya yaitu ditaruh diatas meja.

Baca juga: Penjelasan serta kegunaan x-banner

Categories: Info

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0813 1664 5747