Image
Source image: Google

Ketahui Perbedaan Stempel Flash, Trodat dan Runaflek

Stempel merupakan alat yang memiliki permukaan terukir tulisan, gambar atau bahkan keduanya dan digunakan dengan tinta untuk menghasilkan sebuah cap pada berkas atau dokumen.

Hasil cap pada stempel digunakan untuk pengesahan berkas baik berupa surat resmi, pengesahan ijazah, nota serta tanda terima kasih atau pengesahan pelunasan transaksi.

Saat ini jenis stempel tersedia beberapa macam, antara lain:

Baca juga: Aneka Macam Stempel 

  • Stempel Flash

Stempel  ini dikenal sebagai stempel warna atau stempel otomatis. Disebut dengan stempel warna karena stempel ini menggunakan beberapa warna dalam satu stempel dan tintanya sudah tersedia didalam stempelnya.

Ketika membeli stempel flash tintanya sudah di dalam karetnya dan tinta tersebut bisa digunakan hingga 5000x cap tergantung dari ukuran stempel flash, dan tekanan ketika ngeblok saat digunakan.

Kelebihan stempel ini dari sisi pemakaiannya lebih praktis daripada jenis stempel runaflek karena tidak perlu menggunakan bantalan. Stempel ini bisa di ulang dan tidak perlu khawatir ketika tintanya habis didalam karetnya, disarankan menggunakan warna tinta yang sama.

  • Stempel Trodat

    Stempel trodat tidak jauh berbeda dengan stempel flash hanya saja di tuas ( pegangan )dan penggunaan tinta. Pegangan stempel trodat lebih komplek namun pemasangan karet lebih mudah dan letak tintanya ada di tuasnya.

    Tapi jika dibandingkan dengan stempel flash kualitas flash bisa lebih bersih sedangkan trodat suka ada bercak tinta saat digunakan. Sedangkan dari sisi harga trodat jauh lbh mahal. Ini yang membuat stempel trodat kurang begitu diminati.

    Kelebihan stempel trodat, stempel trodat bisa ditambahkan tanggal atau jam dalam stempelnya. Selain jam dan tanggal tadi dalam satu stempel trodat bisa disisipkan logo perusahaan yang menggunakan.

  • Stempel Runaflek

    Material stempel ini beda dengan stempel yang telah dijelaskan diatas. Stempel ini bisa disebut stempel manual dengan gagang kayu atau Kristal/akrilik. Pembuatan stempel ini banyak dilakukan secara manual yaitu dengan mengukir text/gambar di karet stempel. Namun saat ini sudah ada mesin pembuat stempel runaflek, sehingga proses pembuatannya lbh cepat, lebih detail dan lebih bagus.

    Stempel ini cara pakainya beda dengan stempel pada umumnya yaitu masih menggunakan bantalan sebagai tempat tinta. Jadi sebelum digunakan, stempel terlebih dahulu di cap di bantalan tinta baru di cap di tempat yang mau di stempel.

    Kekurangan stempel runaflek dianggap tidak praktis karena harus menyediakan bantalannya selain itu penggunaan tintanya hanya satu warna saja karena belum bisa kombinasi beberapa warna dalam satu stempel.

Categories: Info

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234