Image
Source image: Snapy

Keunggulan Ebook Yang Lebih Praktis Dibandingkan Buku Biasa

Ebook merupakan singkatan dari electronic book, yakni jenis buku yang berbentuk digital atau elektronik. Buku digital ini berisi suatu informasi atau panduan tertentu sesuai tema. Ebook juga merupakan alternatif terbaik bagi yang suka membaca tanpa harus membawa buku fisik seperti berada di mobil atau pesawat.

Untuk mengakses Ebook tersebut bisa melalui perangkat seperti laptop, tablet maupun smartphone, sehingga dari segi penyimpanannya juga lebih mudah dan praktis serta dapat dibaca dimanapun.

Kehadiran Ebook merupakan salah satu bentuk kemajuan di era digital, sejumlah keunggulan pun juga ditawarkan. Meskipun masih banyak yang memandang sebelah mata namun ternyata ada beberapa keunggulannya loh, maka simak berikut selengkapnya.

  • Keunggulan Membaca Buku Lewat Ebook

1. Tidak Mudah Sobek Atau Rusak

Dikarenakan bukan berbentuk fisik maka punya kelebihan yakni tidak mudah sobek atau rusak dan lebih awet. Jadi jangan khawatir ketika harus membuka berkali-kali karena Ebook tidak akan kotor, sobek maupun tertekuk.

2. Lebih Fleksibel

Bayangkan ketika Anda ingin membaca buku yang halamannya mencapai ratusan, tentu sangat berat dan merepotkan. Berbeda dengan Ebook yang lebih fleksibel dan praktis karena bisa dibawa kemanapun.

3. Tidak Membutuhkan Tempat Penyimpanan Khusus

Ebook tidak membutuhkan lemari khusus karena dapat disimpan secara digital di laptop, tablet maupun smartphone, jadi apabila Anda punya puluhan bahkan ratusan buku elektronik maka tidak akan membuat ruangan sempit karena dapat disimpan secara digital.

4. Mudah Ditandai

Keunggulan lainnya yakni mudah ditandai tanpa harus melipat bagian buku seperti yang banyak dilakukan saat membaca buku fisik. Ebook memiliki fitur bookmark untuk memudahkan memberi tanda halaman mana yang terakhir dibaca, dan bisa juga menambahkan highlight untuk menandai kalimat-kalimat penting.

5. Lebih Murah

Umumnya jenis Ebook dijual lebih terjangkau karena tidak ada biaya cetak, bahkan beberapa dapat di download secara gratis maka tidak heran apabila banyak yang lebih menyukai buku elektronik tersebut.

6. Lebih Ramah Lingkungan

Karena tidak dicetak menggunakan kertas maka Ebook lebih ramah lingkungan. Dengan mengakses lewat buku elektronik maka secara tidak langsung Anda telah berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Meskipun memiliki banyak keunggulan, namun tidak semua orang nyaman membaca lewat Ebook. Misalnya jadi mudah mengantuk, tidak konsen dan gangguan-gangguan lainnya. Ada alternatif lain yaitu jika Anda menyukai bagian tertentu dari Ebook tersebut maka tidak ada salahnya untuk mencetak.

Sekarang untuk cetak Ebook sudah bisa dilakukan secara online, untuk informasi harga cetak dan lainnya bisa langsung lewat website KAMI.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Ebook dibandingkan Buku Konvensional

Categories: Info

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234