Image
Pexels

Macam-Macam Poster Beserta Dengan Kegunaannya

Poster adalah desain grafis yang memuat kombinasi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar atau kecil dan menjadi salah satu media publikasi untuk memberikan informasi kepada khalayak ramai, Sehingga ukuran poster menjadi sangat beragam.

Biasanya poster selalu ditempel di dinding atau di permukaan datar lainnya. Sebagai salah satu media publikasi, poster didesain menggunakan warna-warna yang lebih kuat sehingga mampu menarik perhatian khalayak ramai untuk melihat poster tersebut.

Poster memiliki bermacam-macam ukuran yakni ada ukuran poster A1 (59,4 x 84,1 Cm), A2 (42 x 59,4 Cm), A3 (42 x 29,7 Cm) hingga ukuran poster premium B2 (50 x 70 Cm). Untuk ukuran poster premium dicetak dengan resolusi tinggi dan menggunakan tinta berkualitas, sehingga menghasilkan warna yang lebih cerah dan jelas. Poster premium dilakukan pencetakan dengan kualitas Hi-Res Full Color 1 sisi.

Poster biasanya dipasang ditempat-tempat umum yang selalu dilewati banyak orang, mulai dari sekolah, pasar, dan lain-lain. Poster memiliki berbagai aneka macam sesuai dengan tujuan dan isinya.

Macam-macam Poster Berdasarkan Isinya

Macam-macam poster berdasarkan isinya:

  1. Poster Niaga: Poster niaga biasanya dibuat oleh perusahaan untuk menjual dan mempromosikan suatu produk atau jasa yang telah dibuat.

  2. Poster Pendidikan: Poster yang dibuat untuk memberikan pengarahan dan pendidikan kepada masyarakat tentang hal-hal tertentu.

  3. Poster Kegiatan: Poster kegiatan dibuat agar orang-orang dapat mengetahui informasi suatu kegiatan yang akan dilaksanakan, sehingga nantinya menarik minat orang-orang untuk menghadiri kegiatan tersebut.

  4. Poster Layanan Masyarakat: Poster yang berisikan informasi pelayanan-pelayanan yang memudahkan masyarakat ke depannya.

  5. Poster Karya Seni: Poster karya seni memiliki isi yang ekspresif sehingga poster tersebut diinterpretasikan berbeda-beda oleh setiap orang yang melihatnya.

Macam-macam Poster Berdasarkan Isinya

Macam-macam poster berdasarkan tujuannya:

  1. Poster Propaganda: Poster yang dibuat untuk mempengaruhi orang lain, seperti memberikan motivasi hidup kepada masyarakat umum atau hal-hal lainnya selama pengaruh tersebut bersifat positif.

  2. Poster Kampanye: Poster yang digunakan oleh para calon wakil rakyat untuk menarik simpati masyarakat dan mau memilihnya ketika waktu pemilihan telah tiba.

  3. Poster Film: Poster yang dibuat oleh para pembuat film sehingga masyarakat akan tertarik untuk menontonnya setelah film tersebut telah tayang.

  4. Poster Cheesecake: Poster yang dibuat untuk menarik perhatian orang yang melihatnya karena memiliki gambar-gambar yang menarik perhatian seperti selebriti, penyanyi, atau yang lainnya.

  5. Poster Dicari: Poster yang digunakan untuk mencari orang ataupun benda-benda yang diperlukan. Bisa juga digunakan untuk mengumumkan orang ataupun benda-benda yang hilang.

  6. Poster Komersil: Fungsinya sama seperti poster niaga, digunakan untuk kepentingan komersil perusahaan.

  7. Poster Afirmasi: Fungsinya sama seperti poster propaganda, tetapi lebih sering digunakan untuk untuk memberikan motivasi.

  8. Poster Kelas dan Riset: Poster yang sering ditemukan di sekolah dengan tujuan untuk memberitahukan informasi terkini dalam dunia Pendidikan, termasuk penelitian-penelitian yang sekiranya berguna bagi masyarakat nantinya.

Banyak digital printing yang melayani jasa cetak poster, namun tidak semuanya memiliki kualitas yang baik. Digital printing Snapy menggunakan mesin cetak HP Indigo Press 5600 yang menggunakan tinta 6 warna.

Kualitas mesin ini mampu menampilkan skin tone dari sebuah desain atau foto dan mendapatkan true black pada warna, sehingga poster yang dihasilkan memiliki resolusi tinggi dan lebih baik kualitasnya dibanding dengan mesin cetak offset biasa.

Tidak hanya itu, beri kesan mewah pada poster yang ingin Anda buat dengan laminasi glossy atau kesan elegan dengan tambahan laminasi doff.

Proses pembuatan poster di Snapy juga menjamin kepuasan setiap pelanggannya. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada staff Snapy baik secara langsung maupun melalui online untuk mendapat penjelasan sehingga Anda bisa dapat hasil akhir yang memuaskan.

Informasi lebih lanjut mengenai cetak dan ukuran poster, Anda bisa klik di sini.

Categories: Info

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234