Image
Unsplash

Tak Hanya sebagai Tradisi, Memberikan Hampers Lebaran juga Banyak Manfaatnya!

Mendekati pertengahan bulan Ramadhan, banyak orang yang mulai sibuk mencari berbagai keperluan untuk lebaran. Dari menyiapkan tiket mudik, baju lebaran, membuat atau membeli kue lebaran, hingga menyiapkan keperluan hantaran berupa hampers.

Bingkisan lebaran yang dulunya disebut parsel ini memiliki tampilan yang lebih unik dan kreatif. Perbedaan parcel dan hampers pun terlihat pula dari isi bingkisan yang lebih beragam. Dibandingkan parsel, nama hampers menjadi satu hal yang tren belakangan ini.

Saat ini, tersedia banyak jenis ide hampers lebaran mulai dari pengemasan hingga isi hampers. Beberapa ide pengemasan hamper seperti model kotak, piramid, keranjang anyaman, dan masih banyak lagi. 

Selain pengemasan hampers yang harus aman, ini juga ditentukan dari isi hampers. Seperti isi kue lebaran, peralatan makan, baju atau kerudung, hingga satu paket hampers lebaran berisi alat sholat.

Mengantarkan hampers lebaran unik menjadi satu simbol dukungan untuk merayakan hari kemenangan. Terutama buat kamu yang tak bisa hadir bertemu dan bertukar sapa. 

Selain sebagai tradisi yang biasa dilakukan menjelang lebaran, mengirim bingkisan ke keluarga atau teman terdekat masih memiliki banyak manfaat, lho. Manfaat itu bukan hanya akan dirasakan kepada si penerima tetapi untuk kamu yang mengirimkan.

Yuk simak beberapa manfaat hampers lebaran. Manfaat ini juga bisa menjadi pertimbangan buat kamu yang masih ragu untuk mulai mengirimkan hampers!

Baca juga: Tetap Aman sampai Tujuan, Ini dia Panduan Berkirim Hamper yang Tepat

Manfaat Hampers Lebaran sebagai Barang Hantaran

Tak hanya sebagai buah tangan ketika datang atau mewakiliki dirimu yang tak bisa bertemu, hampers lebaran memiliki manfaat lainnya sebagai berikut:

1. Mempererat hubungan sesama

Hampers lebaran merupakan bingkisan yang menjadi lambang kepedulian kamu kepada orang-orang sekitar. Tak perlu mahal, hampers lebaran bisa berisi makanan ringan atau jajanan khas daerahmu yang dilengkapi dengan kartu ucapan. 

Selain kepada keluarga besar dan teman dekat, kamu juga bisa memberikan hampers kepada tetangga atau kolega yang sudah lama tidak bertemu. Untuk temanmu yang tinggal jauh dari tempat kamu tinggal sekarang juga bisa kamu berikan hampers

Hal ini dapat mempererat tali silaturahmi dan mencairkan suasana kaku yang telah kamu terasa. Obrolan kembali terasa hangat dan mulai banyak cerita yang akan mengalir dengan lancar.

2. Memberikan rasa bahagia

Dikutip dari kumparan.com, yang dilansir dari Sharecare, dalam sebuah buku yang berjudul: YOU: Being Beautiful: The Owner's Manual to Inner and Outer Beauty yang ditulis oleh penulis sekaligus dokter penyakit dalam, Dr. Michael Roizen, MD, menjelaskan bahwa efek dari memberikan barang, baik besar atau kecil, dapat menimbulkan rangsangan 'serbuan' endorfin atau yang juga dikenal dengan hormon bahagia.

Masih dalam penelitannya, dokter yang berasal dari Amerika Serikat tersebut juga menyebutkan bahwa 90 persen orang yang memiliki kebiasaan berbagi memiliki kualitas kesehatan dan sistem kekebalan yang lebih baik, lho. 

Baik kamu maupun teman atau keluarga yang menerima akan sama-sama merasa bahagia setelah memberikan dan menerima hampers lebaran. Baik barang ukuran besar dan kecil, dengan kartu ucapan, berbagi apapun akan terasa menyenangkan.

3. Meningkatkan kesehatan jiwa

Masih melanjutkan poin yang sebelumnya, setelah memberikan bingkisan pada orang lain, dan orang tersebut senang, pasti kamu sebagai pemberi juga merasa senangkan? Nah, itulah manfaat baik yang akan kamu terima untuk kesehatan jiwamu.

Dikutip dari kumparan.com, orang yang memiliki kebiasaan berbagai mempunyai tingkat stres yang rendah. Hal ini karena emosinya disalurkan pada kegiatan yang sifatnya positif. Perasaan lega akan terasa ketika melihat orang lain merasa senang dengan bingkisan yang kamu berikan. Ini juga dapat menurunkan tekanan darah, lho.

4. Menumbuhkan rasa empati

Sebagai cara membangun hubungan yang baik dengan orang lain, banyak orang yang menunjukkan rasa saling peduli dan berempati dengan memberikan hadiah atau bingkisan. Baik untuk orang terdekat atau orang lain yang membutuhkan, memberi menjadi cara untuk menumbuhkan rasa saling berbagi.

Selain membuatmu menjadi lebih bersyukur, memberikan hampers juga dapat memupuk rasa empati kepada sesama. Sebagai manusia, akan muncul hakikat untuk saling tolong-menolong dengan sesama.

Itulah beberapa manfaat hampers yang bisa kamu rasakan. Untuk membuat penerima senang, kamu bisa menyesuaikan isi hampers dengan barang yang mereka butuhkan atau sukai. 

Barang yang bermanfaat juga bisa kamu berikan dibandingkan dengan memberikan kue. Seperti misalnya paket hampers lebaran Snapy yang berisi sajadah, pouch, jilbab, dan botol dua liter. Yuk segera pesan sekarang!

Categories: Event

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234