Image
Unsplash

Tips Mengatur Keuangan Menjelang Lebaran dengan Buku Agenda

Memasuki Hari Raya Idulfitri atau lebaran, tentunya akan ada banyak kebutuhan yang kamu perlukan untuk memenuhi kebutuhan. Mulai dari membeli pakaian baru, membagikan amplop thr, membeli bahan pokok, hingga mudik ke kampung halaman. Berbagai kebutuhan tersebut memerlukan uang dengan jumlah yang tidak sedikit dan perlu kamu persiapkan dari beberapa bulan yang lalu. Jika tidak, maka kamu akan mengalami keuangan yang minus atau kekurangan dana.

Kebutuhan yang meningkat membuat beberapa orang sulit saat mengatur keuangan menjelang lebaran. Hal ini tanpa disadari telah menguras kantong dan tabungan. Meskipun mendapatkan tunjangan hari raya (thr) yang membuat defisit pemasukan, tetapi pengelolaan keuangan yang tidak benar akan membuat kamu kesulitan secara finansial menjelang lebaran.

Cara untuk mengatur keuangan saat lebaran yaitu menghitung pengeluaran dengan cermat. Kamu harus pintar mengelola uang agar tidak ada uang yang keluar secara sia-sia:

Baca juga: Cara Pintar Mengatur Keuangan setelah Lebaran

Menghitung pengeluaran

Untuk mengatur keuangan, bisa dimulai dengan membuat rencana keuangan sejak jauh hari. Hal ini untuk mencegah kondisi keuangan saat lebaran. Catatlah pengeluaran yang akan kamu keluarhan untuk menyiapkan dana dengan jumlah yang cukup. Jika uang sudah ada, kamu bisa memberikan alokasi uang dengan skala prioritas.

Gunakan buku agenda yang biasa kamu gunakan untuk menghitung pengeluaran. Misalnya dengan membuat list atau daftar belanja lebaran. Setelah berbelanja, jangan lupa untuk mencatat semua detail pengeluaran sebagai evaluasi buatmu.

Memprioritaskan zakat

Saat mengatur keuangan, jangan hanya pengeluaran untuk belanja, kamu juga perlu mencatat pengeluran untuk membayar zakat. Jangan sampai kewajiban membayar zakat sebagai umat muslim di bulan suci ini terlupakan. Justru kewajiban ini yang perlu kamu prioritaskan sebelum mencatat pengeluaran lainnya. Kamu tentu senang saat bisa berbagi kebahagiaan di hari raya dengan orang-orang sekitarmu.

Jangan tergoda diskon

Setelah mencatat alokasi pengeluaran saat lebaran dalam buku catatan, ada satu catatan yang perlu kamu perhatikan yaitu jangan sampai kalap ketika melihat diskon. Menjelang lebaran atau idul fitri, kamu akan lebih mudah menemukan berbagai promo atau bahan potongan harga yang menggiurkan. 

Meskipun terlihat menarik, kamu perlu berhati-hati terutama alih-alih mengira bisa berbelanja dengan murah, kamu malah akan lebih boros karena mengeluarkan uang lebih untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan. Belilah barang dan kebutuhan sesuai dengan list prioritas yang telah kamu catat di buku agenda

Investasi

Selain zakat dan donasi, kamu juga bisa memanfaatkan uang thr untuk berinvestasi. Cara ini dapat membuatmu menambah tabungan yang kamu miliki untuk masa depan. Dengan begitu, uang yang kamu miliki tidak terbuang ke hal-hal yang tidak berguna. Saat ini, ada berbagai cara berinvestasi yang bisa kamu pilih dengan mudah dan praktis.

Memisahkan gaji dan thr

Saat mengatur alokasi keuangan, maka kamu juga perlu mengetahui aliran dana untuk membeli kebutuhan tersebut. Beberapa karyawan yang mendapatkan gaji bulanan dan thr tentu merasa memiliki uang dengan jumlah lebih dari yang biasanya. Namun, kamu perlu memisahkan kedua pemasukan ini. 

Misalnya gaji bulanan digunakan untuk keperluan bulanan biasa yang rutin seperti membayar listrik, cicilan, hingga dana darurat. Sedangkan uang thr bisa kamu manfaatkan untuk keperluan lebaran. Mulai dari keperluan mudik, membeli baju lebaran, hingga membeli bingkisan untuk lebaran.

Snapy siap melayani berbagai kebutuhan cetak baik offline maupun online. Untuk cetak offline, kamu bisa mengunjungi langsung cabang Snapy terdekat yang sudah tersedia di berbagai daerah. Untuk cetak online, kamu bisa langsung menghubungi Whatsapp Snapy tanpa antri, tanpa ribet! 

Mengapa harus Snapy?

  • Service Guaranty

Apabila terjadi kesalahan cetak, maka pelanggan akan mendapatkan potongan sebesar 20% atau pembuatan produk ulang hingga benar.

  • Bekerja sama dengan Gosend

Melayani pengiriman di hari yang sama, dikirim dari cabang terdekat dari lokasi pelanggan.

Dapatkan penawaran khusus jika berkunjung langsung di cabang terdekat Anda*

*Syarat dan ketentuan berlaku

Hubungi Whatsapp Snapy segera dan dapatkan penawaran harga menarik. Kamu juga bisa konsultasikan kebutuhan cetak, promosi, dan branding di Snapy!

Categories: Tips & Trick

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234