Snapy
Mengenal Jenis Brosur Sebelum Melakukan Percetakan
Brosur adalah salah satu alat promosi yang efektif menjangkau target pemasaran. Kamu bisa menggunakannya sebagai salah satu metode untuk menarik minat konsumen dalam melakukan pembelian barang.
Meskipun era digital pemasaran mulai mempengaruhi penggunaan metode promosi, namun keberadaan brosur masih banyak digunakan karena terbukti membantu pemasaran menjadi semakin optimal.
Sebelumnya kamu perlu mengetahui bahwa brosur terbagi beberapa kategori berdasarkan layout serta bentuk lipatan, berikut informasi yang akan membantu untuk menentukan format cetakan paling tepat.
Jenis Brosur untuk Mendukung Kegiatan Promosi
Media yang digunakan untuk brosur adalah media cetak yang memiliki beberapa tipe pilihan. Penggunanya banyak dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk mempromosikan produk.
1. Dua Lipat
Media cetak ini dikenal juga dengan sebutan bifold, lipat v, hingga lipat setengah, menawarkan bentuk lembaran kertas yang dilipat menjadi dua bagian dimana ukuran standar kertas adalah A4.
2. Tiga Lipat
Memiliki bentuk tiga lipatan dengan ukuran standar kertas A4, paling laris karena bisa memberikan keseimbangan antara konten yang ingin disampaikan dengan desain.
3. Lipatan Z
Memiliki kemiripan dengan tipe tiga lipat. Perbedaan keduanya terletak pada cara melipat, dimana model ini menggunakan cara lipat berbentuk huruf Z yang sangat cocok untuk keperluan presentasi produk.
4. Lipatan Gate Fold
Memiliki karakteristik bentuk seperti pintu gerbang yang dibuka secara bersamaan, bisa digunakan untuk presentasi satu produk secara rinci kepada konsumen. Gate fold mampu memberikan kesan pertama yang baik terhadap pembaca, karena model ini dapat menciptakan perasaan diundang sehingga pembaca merasa tertarik untuk membaca lebih jauh.
5. Lipatan Perancis
Memiliki bentuk unik dimana kertas terbagi menjadi empat bagian. Mengingat bahwa harus dilipat beberapa kali maka kertas yang digunakan juga harus besar yaitu 8,5 x 14 inci. Model ini cocok untuk mempromosikan produk dengan detail yang banyak, kamu bisa mempresentasikan detail dengan cara memberikan rincian yang lengkap.
6. Lipatan W
Memiliki harga lebih terjangkau, hal tersebut membuat berbagai model media cetak ini menjadi favorit para pengusaha. Tidak terkecuali model lipatan W atau dikenal juga dengan sebutan akordion. Ukuran kertas yang digunakan yaitu 8,5 x 14 inci dan cocok untuk menjelaskan tutorial suatu produk.
Berhubung fungsi brosur adalah untuk memberikan informasi aktual kepada para pembaca, maka kamu perlu berhati-hati dalam memilih model terbaik untuk presentasi isi konten yang ingin disampaikan.
Memilih model media cetak untuk promosi sesuai dengan kebutuhan memang cukup membingungkan. Jika kamu belum yakin, silahkan cetak brosur di tempat kami karena disini bisa berkesempatan untuk konsultasi terlebih dahulu.
Baca juga: Mengenal Brosur Sebagai Media Promosi yang Menarik Konsumen
Categories: Info