Image
Source image: Google

Mengenal Teknik Cetak Offset Dalam Bisnis Percetakan

Cetak offset merupakan metode percetakan yang paling sering digunakan yakni dengan plat sebagai media penampungan materi, kemudian dari plat materi akan pindah ke lapisan karet untuk berlanjut ke atas permukaan bahan.

Biasanya cetak offset digunakan untuk produksi dalam jumlah besar dengan hasil cetakan kualitas tinggi serta konsistensi yang baik, biaya yang dikeluarkan juga terbilang ekonomis dari metode percetakan yang lain.

Teknik cetak offset sudah hadir sebelum pengembangan era digital, namun ada lagi alternative lain yaitu digital printing dengan metode percetakan gambar dari media file. Cara ini jauh lebih menghemat waktu dan sudah banyak dilakukan dalam sektor bisnis sekarang, dibandingkan cetak offset yang lebih konvensional.

Kelebihan Dan Kekurangan Cetak Offset

Meskipun merupakan teknik percetakan konvensional yang membutuhkan waktu lama, cetak offset memiliki beberapa kelebihan berikut ini:

1.         Menghasilkan cetakan lebih banyak, secara otomatis penggunaan waktu cetakan juga lebih singkat serta biayanya menjadi lebih murah.

2.         Hasil cetakan pada kertas bertekstur kasar dengan gramatur tebal sampai dengan 300 gsm. Ukuran kertas tersebut bisa lebih besar ukurannya dari A1 dan A0.

3.         Warna emas, perak, dan stabilo yang merupakan pilihan warna khusus dapat dicetak secara sempurna melalui teknik cetak dari jasa terbaik.

Kurang adil jika hanya membicarakan kelebihan, selain itu Anda juga harus mengetahui apa saja kekurangan dari cetak offset.

1.         Dari segi waktu memang lebih lama dari digital printing karena banyak proses yang harus dilalui, apalagi jenis tinta yang digunakan basah sehingga butuh waktu untuk proses pengeringan.

2.         Kurang ramah lingkungan karena menghadirkan banyak limbah ketika proses pewarnaan berlangsung.

Kelebihan dan kekurangan cetak offset bisa menjadi pertimbangan dalam memilih antara metode konvensional atau digital, keduanya bisa disesuaikan dengan keperluan dimana jika teknik cetak adalah proses yang harus melalui banyak tahapan.

Proses Cetak Offset Yang Lebih Lama

Kenapa teknik cetak offset itu lama? Karena banyak tahapan yang harus dilalui, mulai dari desain, pembuatan plat cetak manual, proses CTP (Computer To Plate), sampai dengan proses percetakan.

Kurang lebih jika digambarkan maka muncul skema berikut:

1.         Penintaan

2.         Pembasahan

3.         Silinder plate

4.         Silinder blanket

5.         Silinder penekan

6.         Material cetak

Semua proses dari awal sampai akhir mesti dilalui secara tepat karena jika satu tahap gagal maka pengaruhnya bisa sampai keseluruhan.

Masing-masing jenis percetakan ada pro dan kontra, namun jika kebutuhan dalam jumlah besar maka teknik cetak offset adalah pilihan terbaik.

Baca juga: Digital Print Dan Offset Print Apa Bedanya?

Categories: Info

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234