Google
Pembuatan dan Percetakan Kop Surat yang Lebih Mudah
Kop surat, atau yang sering disebut dengan kepala surat, adalah bagian penting dari dokumen resmi yang sering digunakan dalam dunia bisnis. Fungsi utama surat ini adalah untuk memberikan identitas dan kredibilitas pada dokumen yang dikirimkan.
Suatu organisasi atau perusahaan yang telah terdaftar secara hukum wajib memerlukan kop surat untuk keperluan dokumen yang bersifat resmi, karena kop merupakan bagian penting yang ada dalam sebuah surat untuk menunjukkan identitas pengirim.
Tidak ada perbedaan mendasar mengenai kop pada perusahaan, organisasi, atau instansi, hal penting dari pembuatan kop surat adalah mencantumkan identitas atau kontak yang juga bisa berfungsi sebagai promosi bisnis perusahaan bersangkutan.
Mengenal Apa Itu Kop Surat
Kop surat adalah komponen pada surat resmi suatu perusahaan, organisasi, atau instansi yang letaknya paling atas, surat ini dilengkapi dengan logo dan ini menjadi pembeda antara surat formal dengan nonformal.
Suatu kop surat harus memperhatikan kaidah penulisan dan penempatan informasi atau kontak yang dapat dihubungi.
Berikut merupakan susunan atau informasi yang harus ada dalam sebuah kop surat perusahaan:
1. Nama perusahaan, organisasi, atau instansi.
2. Alamat lengkap perusahaan.
3. Logo perusahaan.
4. Nomor telepon, alamat e-mail, alamat medial sosial, dan website resmi.
5. Nama kantor cabang (opsional jika ada).
6. Jenis usaha yang dijalankan.
Dari susunan tersebut maka dapat diketahui bahwa adanya kop pada sebuah surat yang berfungsi sebagai identitas perusahaan pengirim. Identitas tersebut juga dapat berfungsi sebagai branding terhadap bisnis yang dijalankan.
Informasi tertera pada kop surat perusahaan juga berfungsi sebagai sumber informasi bagi penerima, misalnya suatu saat penerima ingin menghubungi pihak perusahaan pengirim maka tinggal melihat kontak yang dapat dihubungi dari surat tersebut.
Cara Membuat Kop Surat Perusahaan
Kemajuan teknologi telah memudahkan suatu perusahaan dalam membuat kop surat sendiri.
Sebagai contoh, kamu dapat memanfaatkan Microsoft Word untuk menyusun dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Buka Microsoft Word pada komputer.
2. Klik bagian headers pada sisi atas.
3. Tuliskan nama perusahaan, jenis usaha, nama kantor cabang (jika ada), nomor telepon, alamat e-mail, alamat medial sosial, dan website resmi.
4. Klik CTRL + E agar tulisan tersebut rata tengah.
5. Masukkan gambar logo perusahaan dengan klik Insert, klik picture, kemudian pilih logo yang akan digunakan.
6. Tata logo perusahaan dengan rapi kemudian buatlah garis pemisah pada bagian bawah kop.
Kop surat perusahaan adalah elemen penting dari komunikasi resmi yang mencerminkan profesionalisme dan identitas pengirim. Dengan desain yang tepat dan informasi yang lengkap, surat tersebut tidak hanya membantu dalam memberikan informasi yang jelas tetapi juga memperkuat citra perusahaan.
Membuat kop surat yang efektif memerlukan perhatian terhadap detail dan konsistensi dalam desain. Dengan mengikuti panduan di atas, kamu dapat memastikan bahwa kop surat akan memenuhi standar profesional dan memberikan kesan positif kepada penerima.
Snapy siap melayani berbagai kebutuhan cetak baik offline maupun online. Untuk cetak offline, kamu bisa mengunjungi langsung cabang Snapy terdekat yang sudah tersedia di berbagai daerah. Untuk cetak online, kamu bisa langsung menghubungi Whatsapp Snapy tanpa antri, tanpa ribet!
Mengapa harus Snapy?
Service Guaranty
Apabila terjadi kesalahan cetak, maka pelanggan akan mendapatkan potongan sebesar 20% atau pembuatan produk ulang hingga benar.
Bekerja sama dengan Gosend
Melayani pengiriman di hari yang sama, dikirim dari cabang terdekat dari lokasi pelanggan.
Dapatkan penawaran khusus jika berkunjung langsung di cabang terdekat Anda*
*Syarat dan ketentuan berlaku
Hubungi Whatsapp Snapy segera dan dapatkan penawaran harga menarik. Kamu juga bisa konsultasikan kebutuhan cetak, promosi, dan branding di Snapy!
Baca juga: Mengapa Kop Surat Masih Penting dalam Komunikasi Dunia Bisnis
Categories: Info