Snapy
Tujuan Pembuatan Poster Melalui Digital Printing
Poster merupakan salah satu media komunikasi yang dipakai dalam mengirimkan pesan kepada masyarakat. Sebenarnya tujuan utama media promosi ini ialah membuat masyarakat untuk mengamati pesanan di dalam poster tersebut dan benda ini harus mampu mengambil perhatian saat mereka sedang bergerak.
Biasanya poster terpasang pada tempat yang banyak dilewati oleh masyarakat seperti jalan raya, papan pengumuman, lampu lalu lintas, alun-alun, dan lain sebagainya.
Berbagai Macam Tujuan Pembuatan Poster
Sebuah poster memang sudah pasti berisi pesan namun ada banyak tujuan mengenai disematkannya pesan tersebut untuk dibaca oleh banyak orang. Berikut ini penjelasannya.
1. Menyampaikan Informasi
Pesan yang terkandung di dalam poster dapat berupa informasi kemudian informasi tersebut akan dibaca oleh banyak orang, biasanya informasi ini bersifat umum dan boleh diketahui oleh masyarakat.
Poster jenis ini tidak memuat unsur promosi maupun propaganda, murni berisi informasi mengenai tata cara berpakaian mahasiswa, tata cara menghubungi dosen, tata cara pendaftaran lomba dan lain sebagainya.
2. Promosi Jasa
Ada banyak sekali perusahaan jasa di tanah air, biasanya perusahaan tersebut memasang poster di tempat-tempat strategis untuk menjaring konsumen, bisa saja Anda juga pernah melewatinya.
Promosi Jasa pada poster merupakan salah satu tujuan yang umum dilakukan oleh pelaku bisnis contohnya jasa kursus menyetir mobil, kursus Bahasa Inggris, studio foto, dan lain sebagainya.
3. Promosi Produk
Selain jasa, banyak usaha juga jual produk. Promosi cukup dilakukan melalui poster dan biasanya cara ini cukup ampuh untuk menarik minat potensi konsumen, misalnya sebuah poster berisi promosi mie instan yang dipasang sekitar lampu lalu lintas karena banyak sekali orang yang melintas termasuk mahasiswa yang menyewa kos di daerah perantauan.
Pastinya mahasiswa kerap membutuhkan mie instan ketika tidak punya waktu untuk memasak di kos. Saat mahasiswa berhenti di lampu lalu lintas dan melihat promosi mie instan, besar kemungkinan mereka akan tertarik untuk membeli.
Masih ada beberapa contoh promosi lainnya seperti rokok, minuman kaleng, snack, kedai makanan, alat elektronik, produk kesehatan, produk kecantikan wajah, dan lain sebagainya.
4. Menumbuhkan Sikap
Meningkatkan semangat dalam membangun sikap maupun propaganda melalui poster merupakan hal yang sudah umum. Media komunikasi jenis ini mampu mempengaruhi khalayak umum layaknya kampanye.
Selain propaganda, poster juga dibuat dengan tujuan membangun sikap positif pada masyarakat misalnya budaya membuang sampah pada tempat, kerja keras, rajin belajar, menjaga kebersihan lingkungan dan lain sebagainya.
Poster biasanya memuat pesan dan gambar sehingga menarik perhatian, kemudian diletakkan pada tempat yang biasa dilewati banyak orang. Salah satu media komunikasi yang efektif adalah poster.
Baca juga: Hal-Hal Yang Perlu Di Pertimbangkan Sebelum Memilih Ukuran Poster
Categories: Info