Image

Penjelasan Singkat Mengenai Photobook, Sejarahnya Dan Perbedaannya Dengan Buku Album

Tahukah Kamu apa itu Photobook? Photobook adalah sebuah buku yang berisi rangkaian foto – foto yang saling berkaitan satu dengan yang lain. Kaitan antara foto – foto tersebut bisa mempunyai satu atau beberapa tema.

Dalam photobook tema – tema yang biasa dipakai ada berbagai macam seperti tema Wedding, Wisuda, Baby Born, Birthday, Pre-Wedding, Iklan komersial hingga acara kematian seseorang pun bisa dijadikan sebuah photobook.

Sejarah Photobook pada awalnya ditemukannya proses pencetakan fotografi secara konvensional bernama Cyanotype dan Calotype. Pada 1843-1853, Photographs of British Algae: Cyanotype Impressions karya Anna Atkins dapat dikatakan sebagai photobook pertama.

Buku album merupakan juga salah satu jenis photobook yang pada eranya banyak yang menggunakan namun seiring berjalannya waktu buku album mulai ditinggalkan. Bahkan metode yang dipakai untuk mencetak pada sebuah buku album adalah metode kuno yang dipakai sejak tahun 1928 oleh Albert Renger-Patzsch yang merilis sebuah album foto De Welt ist Schon. Metode yang digunakan yaitu pengambilan gambar yang menggunakan sebuah film negatif yang peka cahaya.

Lalu film negatif tersebut dicuci dan dicetak di sebuah percetakan foto hingga kemudian dimasukkan satu persatu ke dalam sebuah buku album. Namun cara tersebut mulai ditinggalkan karena mengingat kerumitan dan biayanya yang terbilang tidak murah dalam pembuatan buku album dan kini banyak orang yang mulai beralih ke pembuatan digital photobook.

Berikut perbedaan buku album dengan photobook:

Digital Photobook

  • Kertas menggunakan kualitas impor
  • Tintanya khusus dengan daya merekat yang kuat dan tidak mudah tergores
  • RGB yang lebih kaya warna
  • Menggunakan lem khusus dan kuat
  • Foto dapat diatur layout sesuai keinginan, bisa di edit backgroundnya, teks, clipart, border, dll.

Buku Album

  • Kertas menggunakan photo paper
  • Tintanya menggunakan tinta cair yang mudah tergores
  • CMYK standar warnanya
  • Binding buku biasanya cuma hanya di straples
  • Layout foto berbentuk persegi panjang dan diselipkan atau direkatkan dengan plastik.

Itulah pembahasan singkat mengenai Photobook mulai dari sejarahnya dan perbedaan dengan buku album. Berminat membuat Photobook? Cobalah membuat photobook hanya di Snapy, info selengkapnya hanya DISINI

Categories: Produk

Share:

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0813 1664 5747