Image
Source image: Google

Pentingnya Kop Surat Untuk Membantu Penerima Mengenali Pengirim

Surat bisa terbagi menjadi beberapa bagian, paling atas biasanya diisi oleh kop surat atau bagian kepala. Bagian kepala suatu dokumen ini memiliki fungsi untuk memberitahu penerima atau siapa saja yang terlibat perihal asal dokumen berikut alamat lokasi hingga nomor telepon.

Kop surat adalah penandaan suatu lembaga atau identitas yang diterapkan secara tertulis. Adanya struktur pembuka tersebut membedakan antara dokumen resmi dan non-resmi, identitas pengirim juga ditampilkan secara tegas pada bagian atas halaman.

  • Bagian-bagian Kepala Surat Yang Perlu Diketahui

Umumnya yang memiliki bagian kepala surat adalah sebuah perusahaan, maka yang biasanya ada dan menjadi struktur adalah:

1.         Logo sebuah perusahaan dengan tujuan untuk menginformasikan siapa penerbit dokumen tersebut.

2.         Alamat kantor berikut kode pos menjadi syarat mutlak diterbitkannya kop surat perusahaan berikut isi di dalamnya untuk alamat surat-menyurat.

3.         Nomor telepon dan nomor faks untuk jalur komunikasi tidak langsung yang bisa digunakan oleh siapa saja pihak berkepentingan.

4.         Alamat email dan website memberi ruang terhadap jalur komunikasi via internet, berguna untuk pihak berkepentingan namun terhalang jarak.

Pada bagian atas kop surat perusahaan dimulai dengan nama perusahaan itu sendiri. Jika dilipat, arsip tersebut akan tetap memperlihatkan nama perusahaan sehingga penerima tahu dari mana lembar informasi tersebut berasal.

  • Cara Jitu Untuk Melamar Kerja

Bukan hanya perusahaan namun para pencari kerja juga bisa membuat kop surat lamaran sebagai bukti keseriusan di tempat tertentu. Jika lamaran dikirim secara langsung atau melalui pos maka bagian kepala dokumen ini biasa diletakan pada amplop.

Pada bagian kiri atas dituliskan nama dan alamat pelamar, kemudian pada bagian kanan atas disematkan nama posisi atau jabatan yang ingin dilamar, terakhir pada bagian kanan bawah dibubuhkan alamat tujuan surat. Struktur ini umum digunakan oleh para pelamar pekerjaan.

Beberapa orang juga menggunakan bagian kepala dokumen melamar kerja dengan nama dan bidang keahlian mereka. Fungsinya sudah jelas untuk membuat HRD secara cepat menyimpulkan apa kemampuan pelamar secara keseluruhan dan di mana mereka minat bekerja.

Adanya bagian kepala pada dokumen tersebut menjadi langkah awal untuk memperkenalkan diri. Namun HRD tetap harus meninjau secara utuh.

Dalam kesimpulan, Anda butuh kop dokumen surat-menyurat untuk kepentingan apa? Untuk perusahaan atau pribadi, ini saatnya bekerja sama dengan pihak yang tepat. Kami hadir memenuhi kebutuhan Anda, menciptakan kop surat lamaran kerja maupun perusahaan yang terbaik dan berkualitas bagus.

Silakan klik DISINI untuk info lebih lanjut.

Baca juga: Arti Dan Kegunaan Kop Surat Yang Harus Anda Ketahui

Categories: Produk

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234