Image

Perbedaan Cetak Foto Kanvas Manual dan Digital Printing

Di era yang semakin maju ini, cetak foto bisa digunakan pada bahan lain selain kertas, salah satunya yakni kanvas. Kanvas merupakan hasil tenun dari kain katun atau linen namun memiliki kekuatan yang lebih baik dari kain biasa. Biasanya kanvas sering digunakan untuk membuat berbagai macam barang seperti tas atau sepatu.

Kanvas yang digunakan untuk cetak foto memiliki ketebalan mulai dari 300-400 gsm. Bahan penyusunnya bisa murni 100% katun atau campuran katun dengan bahan lain. Selain itu biasanya katun memiliki warna putih yang tidak terlalu terang. Tetapi ada beberapa katun yang diberi pemutih sehingga memilik warna putih yang cukup terang. Katun juga memiliki dua permukaan berbeda, yakni yang licin dan kilap (glossy) serta yang tidak kilap (doff atau matte).

Dengan mesin cetak khusus yang menggunakan teknologi tinta pigmen, hasil cetaknya jauh lebih awet dan tidak mudah rusak meskipun harga tintanya jauh lebih mahal dibandingkan dengan tinta ink-jet. Kanvas yang digunakan untuk mencetak foto memiliki lapisan yang sesuai untuk menyerap tinta pigmen.

Biasanya cetak foto dengan kanvas digunakan untuk menyimpan foto-foto penting atau pun menampilkan karya seni lainnya mulai dari dekorasi ruangan, foto pre-wedding, momen pernikahan, foto keluarga, dan lain-lain. Ukurannya pun juga disesuaikan dengan keinginan pemiliknya.

Proses Cetak Foto Kanvas
Ada dua macam proses cetak foto dengan kanvas.

1. Metode Manual
Metode manual untuk cetak foto kanvas menggunakan proses vakum yang sangat rumit dan membutuhkan ketelitian tinggi. Jika kamu sudah salah mencetak, maka kamu harus mencetak ulang lagi sampai mendapatkan hasil yang diinginkan. Proses yang rumit ini dikarenakan adanya tahap pemisahan pencetakan foto hingga pemindahan foto ke atas kanvas. Memang alat yang digunakan cukup mahal dan pengerjaannya cukup lama, tetapi hasilnya jauh lebih awet.

2. Metode digital printing
Metode printing untuk cetak foto kanvas jauh lebih mudah dan cepat menggunakan mesin cetak yang tersedia. Meskipun begitu, hasilnya kurang awet dibandingkan dengan metode manual. Hasil cetak semakin mudah luntur jika tidak diberi perekat khusus. Bahkan untuk hasil yang lebih baik, kamu harus memiliki mesin cetak berkualitas dan beresolusi tinggi.

Yuk cetak foto di snapy dengan menggunakan HP Indigo Press 5600. Kualitas mesin cetak ini lebih baik dibandingkan dengan kualitas offset yang menggunakan tinta 6 warna sehingga mampu menampilkan skin tone dan mendapatkan true black. Hasilnya, kualitas dan resolusi foto jadi sangat baik. Seluruh hasil cetak foto kanvas menerapkan Europa ISO Coated Fogra 39 untuk menampilkan foto Anda dengan warna yang alami, Setelah foto kanvas Anda dicetak.

Categories: Info

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0813 1664 5747