Image
Source image: Google

Perbedaan Ukuran Poster A3 dan A3 Plus untuk Berbagai Kebutuhan Cetak

Ukuran poster menjadi salah satu yang perlu menjadi pertimbangan saat membuat poster. Ukuran psoter yang biasa dipakai untuk melakukan promosi produk atau promosi acara adalah poster a3. Ukuran kertas a3 menjadi pilihan yang banyak dipakai oleh perusahaan atau organisasi. Tak hanya itu, beberapa tahun terkahir muncul salah satu ukuran kertas yang banyak digunakan sebagai pilihan lain dari ukuran a3 yaitu kertas a3+ atau a3 plus. Ukuran tersebut muncul dengan berkembangnya percetakan digital offset. 

Seperti namanya, tentu kertas a3 plus memiliki ukuran poster dinding yang lebih besar dibandingkan dengan kertas a3 biasa. Dengan ukuran yang berbeda, tentu terdapat beberapa perbedaan lainnya, seperti penggunaan dan kebutuhan cetak juga akan berbeda. Yuk kenali perbedaan ukuran poster a3 dan a3 plus:

Baca juga: Dipakai untuk Kebutuhan Cetak, Inilah Ukuran Kertas Print A3 dalam Berbagai Format!

Perbedaan ukuran poster a3 dan a3 plus

Untuk membedakan ukuran kertas ini kamu bisa melihat table dan perbedaan kertas a3 dan a3 plus dalam berbagai format. Ukuran kertas ini merupakan ukuran kertas bukan ukuran cetak. Ukuran lebar ini terpaut kurang lebih 3 cm dan panjangnya berbeda kurang lebih 6 cm. Simak tabel ini:

Satuan ukuran kertas poster Kertas Poster A3 Plus Kertas Poster A3
cm 32,9 x 48,3 cm 29,7 x 42 cm
mm 329 x 484 mm 297 x 420 mm
pixel 5700 x 3900 pixel 3508 x 4960 pixel

Perbedaan material kertas

Poster yang berbeda ukuran memiliki perbedaan material. Kertas a3 biasa menjadi salah satu yang paling kamu sering kamu temui sehari-hari. Biasanya kertas a3 biasa terbuat dari kertas HVS yang banyak kamu temukan di toko buku atau alat tulis. Sedangkan kertas a3 plus memiliki pilihan material yang lebih beragam. Mulai dari kertas HVS, art paper, art carton, karton BW dan lain-lain. Penggunaan kertas a3 plus dapat kamu gunakan sesuai kebutuhan masing-masing.

Perbedaan fungsi poster

Umumnya kertas a3 plus dengan kertas a3 biasa memiliki fungsi yang sama sebagai media cetak untuk membuat poster atau brosur terutama jika memiliki material yang tebal. Tapi umumnya ukuran kertas a3 yang banyak beredar terbuat dari kertas HVS yang biasa dipakai untuk menggambar. Sedangkan fungsi kertas a3 plus lebis luas untuk berbagai kegiatan. Misalnya untuk membuat poster atau diagram. 

Ukuran poster a3 plus umumnya dipakai untuk menggambar dengan lebih profesional yang menggunakan digital. Karena material yang lebih beragam, maka a3 plus juga cocok untuk mencetak stiker, kartu nama, dan lain-lain.

Perbedaan pengguna poster

Kertas a3 biasanya dapat digunakan oleh setiap orang yang membutuhkan untuk menggambar maupun kebutuhan lain seperti anak-anak yang menggunakan untuk menggambar. Sedangkan kertas a3 plus umumnya dipakai oleh kalangan yang lebih profesional, digital printing, hingga perkantoran. Misalnya untuk arsitek, desainer grafis, notaris, dan lain-lain. Ukuran kertas a3 plus menjadi salah satu ukuran standar kertas dalam dunia digital printing. Saat mencetak stiker, kartu nama, hingga poster menggunakan area print kertas a3 plus.

Snapy siap melayani berbagai kebutuhan cetak baik offline maupun online. Untuk cetak offline, kamu bisa mengunjungi langsung cabang Snapy terdekat yang sudah tersedia di berbagai daerah. Untuk cetak online, kamu bisa langsung menghubungi Whatsapp Snapy tanpa antri, tanpa ribet! 

Mengapa harus Snapy?

  • Service Guaranty

Apabila terjadi kesalahan cetak, maka pelanggan akan mendapatkan potongan sebesar 20% atau pembuatan produk ulang hingga benar.

  • Bekerja sama dengan Gosend

Melayani pengiriman di hari yang sama, dikirim dari cabang terdekat dari lokasi pelanggan.

Dapatkan penawaran khusus jika berkunjung langsung di cabang terdekat Anda*

*Syarat dan ketentuan berlaku

Hubungi Whatsapp Snapy segera dan dapatkan penawaran harga menarik. Kamu juga bisa konsultasikan kebutuhan cetak, promosi, dan branding di Snapy!

Categories: Info

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234