Image

Reklame Terbagi Berdasarkan Jenis dan Sifatnya

Reklame suatu media atau alat untuk menyampaikan informasi, menawarkan, mempromosikan, serta memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada khalayak dengan menggunakan gambar dan kata-kata yang menarik.

Penempatan reklame harus disesuaikan penempatannya agar mudah dilihat oleh banyak orang dan harus dibuat menarik supaya orang yang melihatnya jadi ingin mengetahui informasi yang disampaikan, bahkan membeli barang yang ditawarkan.

Reklame terbagi beberapa jenis berdasarkan jenis dan sifat-fatnya:

Dari tujuannya, reklame dibagi menjadi reklame komersil atau reklame yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dan reklame non-komersil, yang tidak bertujuan untuk mencari keuntungan.

Sedangkan dari sifatnya, ada reklame peringatan, reklame permintaan atau ajakan, dan reklame penerangan.

Lalu ada juga reklame yang dilihat dari jenis atua medianya, yaitu reklame audio, reklame visual, dan reklame audio visual.

Nah, pada reklame visual ini masih dibagi lagi menjadi dua jenis yang berbeda, yaitu reklame dalam ruang dan reklame luar ruang.

Sesuai namanya, reklame dalam ruang berada di dalam ruangan, seperti gedung. Namun penempatannya tetap harus strategis atau tepat, agar dapat dilihat banyak orang.

Papan Reklame luar ruang berada di tempat yang sering dilalui banyak orang, misalnya di persimpangan jalan raya yang padat.

Macam-Macam Jenis Reklame

Reklame berdasarkan macam-macamnya dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Spanduk

Reklame berupa spanduk berbentuk kain yang direntangkan dan berisi slogan, berita yang perlu diketahui umum, iklan, imbauan, atau ajakan.

Bentuk spanduk ini juga bermacam-macam, ada yang vertikal maupun horisontal dengan ukuran yang beragam.

Berbeda dengan papan reklame yang berukuran besar dan berat, spanduk dapat dipasang dan dilepas kapan saja karena bahannya yang terbuat dari kain.

2. Brosur

Apakah saat sedang berjalan-jalan di mall kamau pernah diberikan selembar kertas berisi berbagai penawaran barang atau jasa?

Nah, kertas ini disebut sebagai brosur, yaitu selebaran cetakan yang berisi keterangan singkat, tetapi lengkap.

Brosur hanya terdiri dari selembar kertas yang berukuran tidak terlalu besar dan berisi berbagai gambar dan tulisan yang padat, ringkas, namun tetap menarik.

3. Baliho

Mungkin teman-teman pernah melihat spanduk berukuran besar yang dipasang di sekitar jalan raya?

Reklame jenis ini disebut dengan baliho, yang dapat diartikan sebagai publikasi yang berlebihan ukurannya.

Tujuannya agar menarik perhatian masyarakat yang melihatnya.

Karena ukurannya yang lebih besar dari spanduk pada umumnya, biasanya baliho akan dipasang dengan menggunakan tiang penyangga.

4. Leaflet

Reklame yang berbentuk kertas ternyata bukan hanya brosur saja, nih, teman-teman.

Ada juga reklame dari kertas yang disebut dengan leaflet. Apa bedanya leaflet dengan brosur, ya?

Kalau brosur hanya terdiri dari selembar kertas saja, sedangkan leaflet adalah alat promosi terdiri atas lebih dari satu halaman kertas, biasanya memiliki dua atau lebih lipatan.


Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan beriklan di papan reklame yang harus kamu ketahui

Categories: Info

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234