Image
Source image: Google

Mudah dan Cepat! Inilah Cara Scan Foto Cetak Menjadi Digital

Selain dokumen, kegiatan scan juga berlaku untuk scan foto. Biasanya kegiatan ini dilakukan untuk mengubah foto cetak ke dalam bentuk digital. Hal itu terjadi ketika file foto digital yang sudah tercetak hilang atau foto tersebut merupakan foto lama yang tidak terdeteksi di mana file digitalnya.

Pada beberapa orang, melakukan scan foto online dilakukan untuk pengguna kamera polaroid yang memiliki foto polaroid yang tidak ada file digitalnya. Melalui scan foto online ini, format cetak foto dapat diubah menjadi file digital dan memudahkan untuk diunggah ke media sosial.

Dengan perkembangan teknologi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengubah foto cetak menjadi bentuk pdf atau scan foto. Simak ulasan lengkapnya di artikel ini untuk melakukan perubahan data foto!

Baca juga: Ketahui 5 Jenis Mesin Scan ini untuk Hasil Scan Dokumen yang Berkualitas

Tata Cara Scan Foto Cetak Menjadi Digital

Saat ini, ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk melakuan scan foto. Mulai dari menggunakan alat scan hingga handphone. Berikut tutorial lengkap cara scan foto ke PDF yang dapat Anda lakukan:

1. Cara scan foto dengan printer

Cara yang pertama ini merupakan cara tradisional yang sampai saat ini masih banyak digunakan. Hal itu karena scan foto dengan printer dan bantuan komputer dapat menghasilkan foto yang berkualitas tinggi.

Sebelum melakukan scan, sebaiknya lakukan pembersihan kaca pemindai untuk membuat hasil scan dokumen menjadi lebih bersih. Cara membersihkannya cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan cairan khusus untuk membersihkan kaca, kemudian lap dengan kain yang lembut.

Setelah itu, sambungkan printer dengan PC dan buka aplikasi yang telah diinstal dari CD yang didapat saat membeli printer. Selanjutnya, Anda dapat meletakkan foto cetak yang ingin discan menghadap ke bawah. Tutup pemindai scan. 

Anda hanya tinggal klik 'Scan Picture', maka proses scan akan dimulai. Anda dapat menunggu beberapa menit untuk melihat hasilnya yang akan muncul di layar komputermu. Anda bisa menyesuaikan ukuran foto dan format foto sesuai keinginanmu.

2. Cara scan foto dengan Google Drive

Bagi sebagian orang, google drive digunakan untuk menyimpan berbagai file. Mulai dari file dokumen, foto, hingga video. Selain itu, google drive juga menyediakan fitur scan foto untuk Anda gunakan terutama pada pengguna Android. Cara simpel dan mudah untuk Anda coba.

Pertama, Anda bisa membuka aplikasi Google Drive lalu klik tombol "Tambahkan" yang ada di kanan bawah. Anda dapat klik tanda '+' lalu klik logo kamera yang bertulis 'Pindai'.

Setelah itu, Anda dapat melakukan proses scan dengan mangambil foto dengan kamera handphone.
Ambillah gambar scanner dengan baik dan pencahayaan yang pas. Setelah selesai Anda bisa menyesuaikan area dan ukuran pemindaian, lalu klik 'Selesai'. 

Foto yang Anda tambahkan tadi sudah tersedia di google drive. Anda bisa memindahkannya ke galery handphone dengan cara mengunduhnya. Mudahkan?

3. Cara scan foto dengan Handphone

Pada beberapa jenis handphone, tersedia fitur yang telah disediakan untuk melakukan scan. Caranya mudah, Anda hanya perlu membuka aplikasi kamera dan cari pengaturan kamera PPT. 

Anda tinggal klik tombol bulat untuk mengambil gambar. Kamera handphone akan otomatis melakukan pemindaian tanpa harus diatur secara manual. Anda bisa melihatnya langsung melalui galery handphone atau album foto.

Berbeda dengan iphone. Bagi para pengguna iphone, Anda bisa melakukan scan foto dengan fitur aplikasi 'Notes' tanpa perlu menginstal aplikasi lain. Anda dapat membuka aplikasi ini lalu pilih 'create a new one' dan pilih logo kamera untuk pilih 'Scan Documents'.

Taruhlah foto cetak yang ingin Anda scan di depan kamera. Jika sudah dalam mode otomatis, foto tersebut akan discan secara otomatis atau klik tombol 'Shutter'. Terakhir, Anda bisa lakukan penyesuaian area untuk menyesuaikan dengan ukuran yang pas dan klik 'Save'.

4. Cara scan foto dengan Microsoft Lens

Salah satu aplikasi yang dikeluarkan perusahaan Microsoft adalah Microsoft Lens atau Office Lens. Aplikasi ini berfungsi untuk memindai foto, dokumen, dan lainnya. Anda bisa mendownload aplikasi ini di play store untuk melakukan scan foto. 

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi ini dan memilih mode 'Photo'. Mode tersebut untuk melakukan scan foto. Kemudian ambil gambar yang ingin Anda scan. 

Setelah selesai, Anda dapat melakukan penyesuaian untuk menghasilkan foto digital yang bagus, lalu klik tanda centang. Foto cetak Anda sudah dapat diakses dalam bentuk digital.

5. Cara scan foto dengan aplikasi

Selain beberapa cara tersebut, Anda bisa menggunakan beberapa app scan yang banyak tersedia di play store. Beberapa aplikasi juga tersedia dalam bentuk gratis tanpa watermark.

Anda bisa langsung mendownloadnya dan mengunduh aplikasi tersebut. Setelah itu lakukan proses scan dengan mengikuti petunjuk yang diminta.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengubah foto cetak menjadi digital. Lakukan cara yang paling mudah dan bisa digunakan oleh handphone Anda. Jika Anda kesulitan, Anda bisa melihat infonya DI SINI untuk mendapatkan scan foto yang berkualitas.

Categories: Tips & Trick

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234