Image
Snapy

Simak Beberapa Jenis Kertas yang Biasa Digunakan untuk Kalender Dinding

Kalender dinding merupakan barang yang umumnya digunakan untuk menunjukkan hari, tanggal, bulan, dan tahun. Selain itu, kalender dinding juga dapat dijadikan sebagai media promosi yang efektif untuk sebuah perusahaan. 

Penggunaan kalender sebagai media promosi dianggap menarik dan efektif karena memiliki desain kalender dinding yang dapat memuat foto usaha. Hal itu dapat menjadikan kalender dapat menjangkau target konsumen yang lebih luas. Terutama penggunaan kalender juga digunakan oleh siapapun, dimanapun dan juga kapanpun.

6 Jenis Kertas yang Digunakan untuk Kalender Perusahaan

Dalam kurun waktu tiga bulan berganti tahun, sudah pasti banyak usaha jasa percetakan yang akan mendapatkan project membuat kalender 2022. Hal itu tentunya merupakan kalender dinding custom yang dipesan sebuah perusahaan atau organisasi tertentu. 

Baik kalender dinding spiral maupun kalender dinding lembaran tentunya memiliki ukuran kalender dinding yang beragam yang dapat Anda pesan sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Jenis kertas untuk kalender yang digunakan pun juga beragaman. Dari kualitas kertas yang tebal, kertas yang tipis, tampilan yang glossy hingga tampilan kertas doff.

Untuk lebih jelasnya, akan kami rangkum 6 jenis kertas yang digunakan untuk desain kalender dinding berikut ini:

1. Art Carton

Art carton merupakan jenis kertas yang memiliki lapisan laminasi baik itu doff ataupun glossy. Kertas kalender ini terkenal dengan teksturnya yang tebal. Hal itu membuat jenis kertas ini tidak akan mudah rusak dan tahan lama.

Untuk pembuatan kalender, jenis gramatur art carton yang biasa digunakan mulai dari 190 - 260 gr. Untuk itu, jenis kertas ini lebih sering digunakan untuk pembuatan kalender meja dibandingkan dengan kalender dinding. 

2. Art Paper

Art paper merupakan kertas yang memiliki tampilan mengkilau karena menghasilkan efek glossy yang akan membuat tampilan kalender nampak mewah, tahan lama dan tidak mudah terkena debu. Jenis kertas ini termasuk yang sering digunakan untuk cetak kalender perusahaan.

Berbeda dari art carton, kertas art paper memiliki tingkat ketebalan yang lebih tipis dengan gramatur yang lebih rendah yaitu mulai dari 100 - 150 gr. Untuk itu penggunaan jenis kertas ini lebih cocok digunakan untuk jenis kalender dinding. Dengan menggunakan art paper, kalender dinding akan tahan lama dengan tampilan hasil print yang tidah mudah luntur dan buram.

3. Matte Paper atau Doff Paper

Jika art paper menampilkan kesan glossy, maka sesuai namanya matte paper atau doff paper memiliki tampilan akhir dengan lapiran doff yang dapat meredam cahaya atau kilauan. Untuk ketebalannya, kertas ini memiliki tingkat ketebalan yang hampir mirip dengan art paper dan tidak setebal art carton. Gramatur kertas ini mulai dari 100 - 150 gr.

Kertas ini menjadi pilihan untuk desain kalender dinding dengan tampilan doff. Cocok untuk perusahaan yang tidak menginginkan tampilan glossy yang tampak berkilau. Namun, jenis kertas ini memiliki kekurangan yaitu lebih mudah tertempel debu dan teksturnya yang lebih kasar dari art paper.

4. Ivory Paper

Ivory paper merupakan jenis kertas yang mirip dengan art carton dengan tingkat kehalusan yang hanya ada pada satu sisi saja. Hal itu karena tampilan art carton memiliki sisi halus di kedua sisinya (depan dan belakang).

Tekstur halus yang dihasilkan kertas ini bukan karena jenis kertasnya, tetapi merupakan hasil dari coating. Selain kalender, jenis kertas ini biasa digunakan untuk dus kemasan kosmetik, paper bag, dan lainnya. Gramatur kertas ini berkisar mulai dari 210 - 310 gr.

5. HVS

Kertas HVS merupakan kertas yang biasa digunakan untuk kertas tulis atau kertas print. Kertas jenis ini juga dapat digunakan oleh cetak kalender dinding. Kertas ini memiliki gramatur yang kecil yaitu mulai dari 80 - 100 gr.

Jenis kertas ini lebih cocok digunakan untuk kalender dinding biasa atau kalender buku dengan tingkat ketebalan yang lebih tipis dan tekstur yang lebih kasar dan menyerap tinta.

6. Duplex

Duplex merupakan kertas yang memiliki ketebalan mirip dengan art carton dengan tampilan glossy hanya di satu sisinya. Jadi jika ivory paper memiliki segi kehalusan di salah satu sisinya, maka kertas duplex memiliki tampilan akhir yang glossy di salah satu sisinya. Sisi lainnya memiliki tampilan yang mirip dengan kertas daur ulang dengan tekstur yang terasa lebih kasar. 

Kertas ini memiliki kelebihan dari segi tebal dan tidak akan mudah peyok. Jenis kertas ini lebih cocok untuk jenis kertas model poster atau kalender lembaran dengan ukuran yang besar.

Categories: Info

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234