Image
Source image: Google

Tata Krama Saat Menerima Angpao Imlek

Saat perayaan tahun baru Imlek yang paling dinantikan adalah pembagian angapao. Dalam tradisi tersebut orang tua memberikan angpao kepada anak-anaknya sebagai hadiah Imlek. Angpao dalam Imlek merupakan amplop merah yang di dalamnya ada sejumlah uang. Secara umum, orang yang sudah menikah akan memberikan kepada yang masih lajang.

Ketika menerima angpao ternyata ada beberapa tata karma yang harus diperhatikan dan tidak boleh sembarangan menerima begitu saja. Agar tidak salah langkah, berikut empat aturan, seperti dilansir dari situs Fengshui Web dan China Highlights.

Dari tua ke muda
Biasanya, orang tua yang memberikan angpao kepada anak-anak akan meminta mereka berbaris. Dalam barisan, Anda tidak bisa berada paling depan, tengah, ataupun belakang. Semuanya ini sudah diatur berdasarkan usia dan jabatan di rumah. Misalnya, harus dari kakak ke adik atau dari sepupu tertua ke termuda.

Terima dengan dua tangan
Saat diberi angpao, Anda diwajibkan untuk menerimanya dengan dua tangan. Jangan pernah mengambil dengan satu tangan saja sebab ini berhubungan dengan etika. Satu tangan dinilai tidak sopan, sedangkan dua tangan menunjukan rasa hormat dan terima kasih kepada orang yang memberi.

Mengucapkan selamat dan terima kasih
Sebelum menerima angpao, Anda wajib mengucapkan selamat tahun baru terlebih dulu kepada sang pemberi. Ucapan seperti Selamat Tahun Baru atau Xn nián kuài lè bisa diberikan. Setelah menerima angpao, berikan pula ucapan terima kasih dengan doa terbaik, misalnya semoga Anda bahagia dan makmur atau Gng x f cái.

Jangan membuka angpao di depan yang memberi
Khususnya untuk anak-anak, rasa ingin tahu pasti tinggi. Tak heran, mereka pasti memiliki keinginan yang besar untuk segera membuka angpao Imlek yang diterima. Namun, ini bukanlah suatu hal yang benar. Sebagai bentuk penghargaan, Anda diwajibkan membuka angpao saat yang memberi sudah pulang atau di tempat tertutup.

Kamu ingin Angpao dengan desain yang keren, cuma di Snapy Kamu bisa mempersonalisasi nama pribadi dengan kualitas digital printing. Penasaran kan? Yuk segera cetak DISINI 

Categories: Event

Share:

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0813 1664 5747