Image
Google

Teknik Cetak Foto Berdasarkan Pada Prinsip Kerja

Cetak foto adalah proses mencetak gambar berdasarkan sumber dari negatif film. Proses seni tersebut menggunakan alat berupa kamera untuk pemotretan dan kemudian dilanjutkan pencucian film, dan diteruskan dengan pencetakan gambar di atas kertas foto.

Pada zaman dahulu, teknik cetak foto mengharuskan proses lama dan panjang, mulai dari memotret, mencuci film, mencetak kertas, hingga mengeringkan hasil cetakan. Pencetakan foto juga harus menggunakan ruangan yang khusus gelap.

5 Jenis Cetak Foto Berdasarkan Prinsip

Seiring perkembangan teknologi ditemukan berbagai teknik dan media untuk cetak foto, saat ini dikenal 5 teknik pencetakan foto berdasarkan prinsip sebagai berikut ini.

1. Pencetakan Tinggi

Cetak foto ini menggunakan peralatan berupa bidang pencetak dan zat pewarna. Dikenal pertama kali di China, mulai dari peralatan berupa acuan cetak papan kayu hingga mesin cetak Guttenberg. Zat pewarna ditempatkan pada bidang pencetak yang sudah diberi desain, kemudian menghasilkan desain pada permukaan dengan ditekan menggunakan tangan maupun mesin cetak.

2. Pencetakan Dalam

Cetak foto adalah seni untuk menuangkan hasil foto atau desain ke dalam bentuk dua dimensi, dalam teknik tersebut yang digunakan adalah klise dalam, artinya bagian dalam plat menyerap tinta dan akan membekas pada kertas. Contoh penerapan pencetakan dalam adalah gambar pada uang kertas.

3. Pencetakan Datar

Cetak foto atau gambar pada bidang pencetak datar dengan dua lapisan disebut teknik pencetakan datar. Salah satu sisi lapisan yang mengikat tinta dan lapisan satunya tidak, contoh penggunaan pada produk grafika seperti koran, buku, dan majalah. Pewarna yang digunakan adalah hitam, merah, kuning, dan biru.

4. Pencetakan Saring

Cetak foto saring mengandalkan aplikasi tinta langsung pada permukaan datar. Jika ketiga teknik sebelumnya menghasilkan gambar terbalik, maka pencetakan saring menampilkan gambar seperti media cetak. Media yang digunakan dapat berupa kain kasa atau screen, klise, dan sablon.

5. Pencetakan Digital

Cetak foto adalah cara menghasilkan jepretan dalam bentuk cetakan gambar, dengan perkembangan teknologi saat ini sangat mudah mencetak sebuah foto karena adanya digital printing. Penggunaan teknik ini tidak menggunakan bidang acuan, cukup menggunakan computer, smartphone, atau gadget lain-lain.

Kemajuan teknologi makin mempermudah, begitu juga dalam hal cetak foto, saat ini mencetak foto dapat dilakukan sendiri di rumah apabila punya peralatan. Dengan ada nya jasa digital printing maka mencetak sebuah foto berbagai ukuran menjadi lebih mudah, bahkan banyak perusahaan yang menawarkan jasa secara daring.

Apabila kamu ingin mencetak foto, silakan coba menggunakan layanan cetak foto digital dari Snapy.

Hubungi Snapy di website atau langsung chat whatsapp admin ya.

Baca juga: Tempat Cetak Foto Terbaik untuk Mengabadikan Momen

Categories: Info


Cari Artikel

Popular Posts

1
2
3

Jenis-jenis Reklame Berdasarkan Kebutuhan

4
5

Jenis-jenis Buku Agenda Yang Perlu Diketahui

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234